Badan Promosi Pariwisata Sumsel mengincar wisatawan mancanegara

id Badan promosi pariwisata sumsel, wisman, pariwisata, wisatawan, potensi wisata

Badan Promosi Pariwisata Sumsel mengincar wisatawan mancanegara

Ilustrasi - Sejumlah penari membawakan Tarian Gending Sriwijaya pada pembukaan Festival Sriwijaya di Pelataran Benteng Kuto Besak Palembang, Sumsel, Minggu (16/6/2019). Festival Kebudayaan Sumatera Selatan ini sebagai agenda pariwisata nasional diselenggarakan 16-22 Juni 2019. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/I016/19)

Palembang (ANTARA) - Badan Promosi Pariwisata Daerah Sumatera Selatan berupaya mengincar wisatawan mancanegara, terutama dari kawasan Asia Tenggara, untuk datang ke provinsi yang memiliki potensi wisata alam dan budaya itu.

"Untuk mengincar wisatawan mancanegara, terus dilakukan kegiatan pengenalan potensi pariwisata 17 kabupaten dan kota di provinsi ini ke kawasan Asia Tenggara," kata Wakil Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Sumatera Selatan Herlan Aspiudin, di Palembang, Jumat.

Promosi pariwisata ke kawasan tersebut lebih difokuskan karena berdasarkan data, wisatawan asing dari kawasan itu dalam beberapa tahun terakhir cukup banyak berkunjung ke Palembang dan sejumlah daerah Sumsel lainnya.

Kegiatan promosi potensi pariwisata diharapkan lebih efektif dilakukan di negara-negara yang penduduknya mulai melirik keindahan alam, seni, budaya, dan mengenal kenikmatan kuliner asal daerah itu.

Berdasarkan pertimbangan itu, BPPD Sumsel berupaya mendekatkan diri dengan pasar potensi pariwisata tersebut sehingga diharapkan bisa menarik lebih banyak lagi wisatawan asing berkunjung ke provinsi itu.

Dia menjelaskan, kegiatan promosi dilakukan dengan cara memanfaatkan kegiatan pameran atau pertunjukan kesenian daerah.

Melalui kegiatan promosi itu, kata Herlan, bisa mengenalkan objek wisata unggulan masing-masing kabupaten dan kota yang ada di wilayah provinsi berpenduduk sekitar 8,6 juta jiwa itu.

Objek wisata yang dikenalkan kepada warga di negara-negara yang menjadi sasaran promosi, di antaranya wisata air di Sungai Musi Palembang yang di sekitarnya terdapat sejumlah objek wisata budaya dan sejarah.

Kemudian wisata alam pegunungan di Kota Pagaralam dan beberapa potensi pariwisata yang terdapat di daerah lainnya, ujar Herlan.