Kepala BNPT ajak mahasiswa ikut perangi hoaks

id Hoaks, radikalisme, konten radikal, BNPT,Lampung.antaranews.com

Kepala BNPT ajak mahasiswa ikut perangi hoaks

Kepala BNPT saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Universitas Andalas (Unand) Padang dan Universitas Negeri Padang (UNP) , Kamis (22/8/2019) (Antara/HO/Tim Media BNPT)

Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komjen Pol Suhardi Alius mengajak mahasiswa ikut memerangi penyebaran hoaks dan konten radikal di dunia maya.

Menurut Kepala BNPT, cara paling mudah memerangi penyebaran hoaks dan konten radikal adalah dengan tidak turut menyebarkan konten itu ke orang lain. Informasi yang diterima harus disaring sebelum dibagikan ke orang lain.

"Sikap seperti ini tentunya dapat mengurangi tersebar luasnya berita bohong dan konten propaganda radikal terorisme," kata Kepala BNPT saat memberikan kuliah umum kepada mahasiswa baru Universitas Andalas (Unand) Padang dan Universitas Negeri Padang (UNP) , Kamis, dikutip dari siaran pers.

Kepala BNPT mengingatkan bahwa kelompok radikal memanfaatkan dunia maya untuk memengaruhi masyarakat terutama generasi muda untuk meraih simpati sekaligus menanamkan doktrin mereka.

"Penyebaran propaganda kelompok teroris untuk memengaruhi generasi muda supaya ikut ke dalam kelompok tersebut untuk melakukan teror merupakan hal yang sangat buruk," kata Kepala BNPT.

Dalam kesempatan itu Kepala BNPT juga menyinggung penyebaran paham radikal teroris di lingkungan perguruan tinggi yang dinilainya sudah sangat memprihatinkan.

Kepala BNPT pun berpesan agar mahasiswa tidak takut untuk melaporkan kepada rektor atau ke BNPT kalau ada indikasi organisasi atau pengajar yang tidak moderat di dalam lingkungan kampus.

"Karena tidak ada satu orang pun yang kebal terhadap infiltrasi paham radikalisme. Semua bisa terjadi pada siapa pun dan di mana pun," kata Kepala BNPT.