Makin banyak wisatawan kunjungi Gunung Papandayan

id Gunung Papandayan, garut, libur lebaran,Provinsi Lampung, pertumbuhan ekonomi Lampung, tujuan wisata Lampung,peluang investasi Lampung, pertanian Lamp

Makin banyak wisatawan kunjungi Gunung Papandayan

Pemandangan Taman Wisata Alam Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada musim libur Lebaran. (Feri Purnama)

Garut (ANTARA) - Minat kunjungan wisatawan ke Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, meningkat pada musim libur Lebaran 2019 dibandingkan tahun sebelumnya yang setiap harinya mencapai kisaran 1.500 sampai 1.700 pengunjung.

"Kunjungan wisatawan tahun ini meningkat, ini disebabkan karena mulai banyaknya masyarakat tahu Gunung Papandayan," kata Direktur PT Alam Indah Lestari pengelola TWA Gunung Papandayan, Tri Persada kepada wartawan di Garut, Minggu.

Tri menuturkan, TWA Gunung Papandayan semakin dikenal luas masyararakat, setiap harinya pengunjung datang dari berbagai daerah, tidak hanya lokal Garut tetapi dari sejumlah kota besar seperti Bandung, Jakarta dan kota sekitarnya.

Selama musim libur Lebaran, kata dia, jumlah pengunjung ke TWA Gunung Papandayan rata-rata 1.500 sampai 1.700 pengunjung setiap hari atau ada peningkatan 2 persen dibandingkan libur Lebaran sebelumnya dan meningkat 30 persen dibandingkan hari biasa.

"Dibandingkan dengan hari biasa kunjungannya meningkat tinggi sekitar 30 persenan," katanya.

Menurut dia, banyak pengunjung yang sengaja datang dalam momentum libur Lebaran untuk menjawab penasarannya tentang keindahan alam Gunung Papandayan.

Gunung Papandayan yang status TWA-nya sejak lama itu, kata dia, akan terus dijaga kelestarian alamnya yang selama ini luas lahan yang dikelola perusahaan seluas 96 hektare dari seluruhnya ratusan hektare.

"Dari ratusan hektare yang dikelola PT AIL hanya 96 hektare, jadi tak ada pengaruh, cagar alam akan tetap kita jaga," katanya.

Sementara itu, TWA Gunung Papandayan menyajikan keindahan alam hutan, dan tebing serta hutan mati bekas erupsi Gunung Papandayan.

Pengunjung juga dapat menikmati pemandian air panas alami, berkemah, juga taman edelweis serta tempat-tempat keindahan nuansa alam lainnya.