Janji Huawei setelah Google tangguhkan kerja sama

id blokir huawei,sikap huawei,huawei vs AS,huawei vs trump,boikot huawei,bisnis huawei,perang dagang,china vs AS,penangguha

Janji Huawei setelah Google tangguhkan kerja sama

Huawei dan logo 5G (REUTERS/DADO RUVIC)

Jakarta (ANTARA) - Pabrikan perangkat elektronika Huawei Technologies Co Ltd berjanji akan memberikan pembaruan keamanan dan layanan purna-jual produk perangkat keras mereka menyusul penangguhan kerjasama Google dan pemutusan kerjasama dari Intel, Qualcomm, dan Broadcom.

"Kami akan terus memperbarui keamanan dan layanan untuk semua produk ponsel pintar dan tablet Huawei dan Honor yang ada, mencakup produk yang telah dijual atau yang masih ada sebagai stok secara global," demikian pernyataan Huawei yang diterima Antara di Jakarta, Senin.

Produsen asal China itu mengatakan akan terus membangun ekosistem perangkat lunak yang aman dan berkelanjutan untuk memberikan pengamanan bagi semua pengguna secara global.

Baca juga: Google tangguhkan bisnis dengan Huawei setelah "blacklist" Trump

"Kami telah memberikan kontribusi yang substansial untuk pengembangan dan pertumbuhan Android di seluruh dunia. Kami telah bekerja sama dengan sangat erat dengan platform sumber-terbuka mereka untuk mengembangkan ekosistem yang bermanfaat bagi pengguna dan industri," demikian pernyataan Huawei.

Sebelumnya, Google menangguhkan bisnis mereka dengan Huawei dalam perangkat keras dan mencabut lisensi Android Huawei serta menghentikan layanan akses ke Google Play Services dan Play Store.

Langkah Google itu menyusul sikap Pemerintah AS di bawah Presiden Donald Trump yang memasukkan Huawei dalam "daftar hitam" di seluruh dunia.

Baca juga: Intel dan Qualcomm putuskan hubungan bisnis dengan Huawei

Google juga memaksa Huawei untuk mengembangkan Android versi mereka sendiri.

Intel, Qualcomm, dan Broadcom lantas menyusul sikap Google dan memutuskan hubungan bisnis dengan Huawei.

Di sisi lain, Microsoft belum menentukan sikap mereka terhadap Huawei. Sejumlah pihak menilai perusahaan perangkat lunak komputer itu akan mengkuti perintah Pemerintah AS sebagaimana Google, Intel, Qualcomm, ataupun Broadcom.

Baca juga: Huawei: Sikap AS rusak tatanan sistem pasokan global