PT GGP Fokus Gerakan Petani untuk Manfaatkan Lahan

id Ekspor, GGP, buah

PT GGP Fokus Gerakan Petani untuk Manfaatkan Lahan

Kegiatan ekspor pisang dan nanas oleh Badan Karantina dan PT GGP di Lampung Tengah (Istimewa/Antaralampung.com)

Bandarlampung (ANTARA) - PT Great Giant Pineapple (GGP)  akan  menggerakkan para petani agar dapat bersama-sama memproduksi dan memanfaatkan lahan-lahan yang ada.

"Kemitraan yang kita fokuskan adalah bagaimana menggerakkan petani supaya ikut bersama-sama memproduksi dan memanfaatkan lahan-lahan mereka," kata Direktur PT GGP, Welly Soegiono di Lampung Tengah, Sabtu.

Perusahaan agro industri yang bergerak dalam bidang perkebunan dan pengalengan nenas itu akan mengembangkan ekspor pertanian di Medan dan Blitar.

Pengembangan ekspor akan melibatkan pengawasan dari tim PT GGP hingga pemerintah setempat.

"Jadi bukan tidak mungkin bahwa petani itu bisa ekspor, ternyata mereka bisa ekspor dan kami akan selalu membimbing dan memfasilitasi untuk bisa ekspor. Tujuan kita satu produk satu daerah," katanya.

Dia menambahkan kegiatan Argo Gemilang melalui program Badan Karantina ini akan bermanfaat untuk merangsang daerah-daerah lain yang mempunyai lahan agar bisa mengikuti program dengan tujuan agar bisa ekspor ke negara lain.

"Yang punya lahan nantinya bisa bekerja sama dengan kami dan bersama-sama kita kembangkan pertanian hingga sampai ekspor ke negara-negara lain," kata di menerangkan.

Salah satu program PT GGP bersama mitra petani telah melakukan ekspor sebanyak 20,7 ton pisang segar ke negara China dan nenas dalam kemasan kaleng  sebanyak 16,2 ton ke negara Spanyol.

Pelepasan ekspor pisang segar dan nenas dalam kemasan kaleng kedua negara tersebut dilepas oleh Kepala Badan Karantina Pertanian (Barantan), Kementerian Pertanian, Ali Jamil di Lampung Tengah.

Direktur PT GGP, Welly Soegiono sangat mengapresiasi atas upaya yang telah dilakukan oleh Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina guna membuka akses pasar khususnya untuk buah nenas.

"Ini langkah membuka akses pasar. Sebelumnya kita juga telah melakukan ekspor pisang di wilayah Kabupaten Tanggamus," tutupnya.
Pewarta :
Editor: Agus Wira Sukarta
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar