Kabupaten Tulangbawang Barat Dilanda Banjir

id Banjir, Tulangbawang barat

Banjir di Kabupaten Tulangbawang Barat (Antara Lampung/Raharja)

Rumah kami saat ini tergenang air, untuk memasak aja susah enggak ada tempat, jadi kalau ada bantuan berupa makanan dari pemda kami sangat bersyukur sekali
Tulangbawang Barat (Antaranews Lampung)  - Hujan deras sejak Selasa  malam mengakibatkan berbagai lokasi di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubabar) banjir.

Berdasarkan pantauan di Kabupaten Tulangbawang Barat, Rabu,  menunjukkan,  selain air menggenangi rumah warga, sejumlah akses jalan di daerah setempat juga terputus. 

Seperti di Tiyuh (Desa) Panaragan Kecamatan Tulangbawang Tengah, akses jalan menuju Kabupaten Way Kanan di Tiyuh ini terpantau sudah terputus akibat luapan air sungai Way Kiri hingga ke pemukiman warga sekitar.

Luapan air Sungai Way Kiri juga memutuskan akses jalan menuju enam kecamatan di Kabupaten Tubabar. Tepatnya di jalan antara Tiyuh Penumangan Kecamatan Tulangbawang Tengah dengan Tiyuh Pagar Dewa Kecamatan Pagar Dewa. 

Tidak hanya memutuskan akses jalan provinsi, luapan air sungai Tulangbawang tersebut juga menggenangi rumah-rumah warga Tiyuh Penumangan dan juga rumah warga Tiyuh Pagar Dewa. Air sungai Tulangbawang ini pasang begitu cepat, dalam semalam mencapai ketinggian satu meter.

"Saat Kami sedang  tidur, terbangun karena kaget ada suara petir.  Saat saya lihat sudah ada air dalam rumah, kami langsung berbenah semua peralatan rumah tangga untuk mengungsi ke rumah orang tua," kata Hamdan warga Penumangan.

Zainah warga lainnya mengatakan para korban banjir menginginkan adanya bantuan dari Pemerintah Kabupaten Tubabar. 

"Rumah kami saat ini tergenang air, untuk memasak aja susah enggak ada tempat, jadi kalau ada bantuan berupa makanan dari pemda kami sangat bersyukur sekali," harapnya.

Mansur warga Kecamatan Waykenanga mengatakan bahwa daerahnya terjadi luapan air sungai kecil akibat curah hujan tinggi. Bahkan, air yang tergenang memutuskan akses jalan poros Waykenanga tersebut menggenangi rumah warga. 

"Rumah saya terendam banjir, air tiba-tiba naik tadi malam, akibat sungai kecil Melia," ucap Mansur. 

Banjir luapan air sungai juga terjadi di sekitaran Tiyuh Gunung Agung Kecamatan Gunung Terang. 

Berdasarkan  pantauan , banjir disejumlah titik di Kabupaten Tubaba menyebabkan air menggenangi rumah warga, kemudian terputusnya akses sejumlah jalan mempersulit perlintasan warga maupun para pelajar.
Pewarta :
Editor: Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar