Karang Taruna Berperan Atasi Masalah Sosial

id Bulan bakti, karang taruna, dendi romadhona, kemensos, lampung

Karang Taruna Berperan Atasi Masalah Sosial

Ketua Umum Pengurus Karang Taruna Provinsi Lampung, Dendi Romadhona. (Antara Lampung/Agus Wira Sukarta)

Karang Taruna dapat berperan pencegahan dan penuntasan masalah sosial yang ada di Indonesia. Bersama Karang Taruna, diharapkan Indonesia dapat lebih maju dalam memperbaiki dan menuntaskan masalah sosial yang ada.
 Bandarlampung, (Antaranews Lampung) - Karang Taruna sebagai salah satu organisasi sosial kemasyarakatan berperan mengatasi masalah sosial yang ada di Indonesia.

"Karang Taruna dapat berperan pencegahan dan penuntasan masalah sosial yang ada di Indonesia.

Bersama Karang Taruna, diharapkan Indonesia dapat lebih maju dalam memperbaiki dan menuntaskan masalah sosial yang ada," kata Ketua Umum Pengurus Karang Taruna Provinsi Lampung, Dendi Ramadhona, pada puncak Bulan Bakti Karang Taruna, di Gedung Sumpah Pemuda PKOR Wayhalim, Bandarlampung, Sabtu.

Ia mengatakan bahwa acara ini merupakan rangkaian hari jadi Karang Taruna ke-57, sebagai acuan bagi Karang Taruna semakin maju dalam pencegahan dan penuntasan masalah sosial yang ada di Indonesia.

"Bulan Bhakti Karang Taruna merupakan rangkaian hari jadi Karang Taruna ke-57. Dengan ini, kami mengajak semuanya untuk merayakan serta memperingatinya, agar semakin maju dalam kontribusi pencegahan dan penuntasan masalah sosial yang ada di Indonesia," ujarnya.

Ia menyebutkan, tema kegiatan yang diangkat pada Bulan Bakti Karang Taruna kali ini diharapkan bahwa organisasi ini dapat membuat suatu karya yang menghasilkan kesejahteraan bagi bangsa.

Tema Kegiatan ini yaitu, 'Anak Muda Bekerja, Karang Taruna Berkarya, dan Bangsa Sejahtera'. Adapun bentuk kegiatan yang dilakukan dalam rangkaian acara adalah, bakti sosial; pemberian bantuan  sosial dan bantuan usaha ekonomi produktif Karang Taruna.

Kemudian, ekspo hasil karya-karya Karang Taruna; dan penganugerahan Aditya Karya Mahatva Yodha Award 2018 untuk kategori Purna Bakti Utama dan Mitra Kerja Terbaik serta kategori Pembina Umum Terbaik Karang Taruna.

Kegiatan bakti sosial tersebut akan dilaksanakan di Kalianda, Lampung Selatan, mengingat pada 22 Desember lalu, wilayah tersebut mengalami musibah tsunami.

 Dedi Ramadhona pun menambahkan bahwa hal tersebut merupakan salah satu bentuk solidaritas dari Karang Taruna dalam membantu saudaranya.

"Lampung Selatan terkena musibah tsunami, maka kegiatan bakti sosial akan diadakan disana. Akan tetapi perlu diingat bahwa hal tersebut bukan berarti kami mengemis, bukan kami meminta, tetapi ini adalah bentuk dari rasa solidaritas kita sesama bangsa Indonesia," Ungkap Dedi Ramadhona.

Ia mengatakan bahwa peserta yang hadir berasal dari Karang Taruna 34 provinsi se-Indonesia, 15 kabupaten/kota se-Provinsi Lampung, organisasi sosial di Lampung maupun  luar daerah.

 Dendi Ramadhona dalam kesempatan itu menyatakan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang telah membantu berjalannya acara Bulan Bakti Karang Taruna.