Bupati Waykanan: Waspadai Penyakit DBD

id waspadai penyakit dbd,raden adipati surya,bupati waykanan

Bupati Waykanan: Waspadai Penyakit DBD

Bupati Waykanan, Lampung, Raden Adipati Surya (Foto Antaralampung.com/Emir FS/Dok))

Dinas Kesehatan juga telah melakukan pengasapan atau 'fogging' total di wilayah yang endemik penyakit DBD, katanya
Waykanaan (Antaranews Lampung) - Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengimbau warga di daerahnya agar mewaspadai penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD), terutama di musim hujan saat ini.

"Curah hujan yang tinggi saat ini membuat banyak genangan air yang menjadi berkembangbiaknya jentik nyamuk yang bisa menimbulkan berjankitnya penyakit demam berdarah. Masyarakat harus lebih waspada," kata Bupati di Blambanganumpu, ibu kota Waykanan, Senin.

Menurut Adipati, imbauan secara tertulis itu sudah disampaikan ke masyarakat untuk bersama-sama dengan pemerintah setempat melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan menjaga kebersihan lingkungan.

Ia mengatakan, surat imbauan itu juga telah disampaikan ke kepala desa dan camat, selanjutnya diteruskan kepada warga yang bermukim di wilayah yang dinilai endemik penyakit DBD.

"Dinas Kesehatan juga telah melakukan pengasapan atau 'fogging' total di wilayah yang endemik penyakit DBD," katanya.

Bupati menjelaslan, masyarakat harus berusaha mengajak masyarakat agar bergotong-royong untuk mengefektifkan gerakan pemberantasan sarang nyamuk penyebab DBD di masing-masing wilayahnya.

Melalui camat dan kepala Kampung diharapkan melakukan sosialisasi gerakan PSN guna mengantisipasi dan mencegah penyebaran penyakit tersebut.

"Dengan imbauan ini, saya berharap bisa mengurangi angka penyakit DBD di Kabupaten Waykanan," kata Adipati.

Ia mengharapkan agar masyarakat juga melakukan gerakan 3M (menutup, menguras, dan mengubur) objek-objek yang mendukung siklus hidup nyamuk penyebab DBD.