Pegiat Literasi Lampung Dapat Bantuan Tiga Motor

id Motor Bantuan Literasi Lampung, Pegiat Literasi Lampung, Pustaka Motor Lampung, Motor Bergerak, Pegiat Literasi, Sugeng Hariyono

Sugeng Hariyono dengan motor pustaka yang diterimanya. (FOTO: ANTARA Lampung/ist))

Bandarlampung (Antaranews Lampung) - Pegiat literasi di Provinsi Lampung mendapatkan bantuan tiga sepeda motor pustaka dari Presiden Joko Widodo bersamaan bantuan serupa diberikan kepada para relawan pustaka bergerak di Indonesia.

Pegiat literasi Lampung Sugeng Hariyono saat dihubungi dari Bandarlampung dalam perjalanan menggunakan sepeda motor itu dari Jakarta, Kamis (18/1) pagi, menyatakan bersyukur atas bantuan tersebut.

"Alhamdulillah Lampung mendapatkan amanah bantuan motor pustaka ini sebanyak tiga unit, yaitu dua unit untuk pegiat pustaka di Kabupaten Lampung Selatan yang diberikan kepada saya untuk Motor Pustaka Desa Pasuruan dan Ardy Yanto Motor Perahu Pustaka Bakauheni, serta satu unit lagi untuk Eko Prasetyo dari Taman Baca Kencana bergerak Kabupaten Way Kanan," katanya.

Dengan bangga dan gembira Sugeng menuturkan setelah menerima sepeda motor itu langsung digunakannya dalam perjalanan darat Jakarta ke Lampung.

"Ini, saya sedang perjalanan pulang mengendarai sepeda motor bantuan itu," ujarnya.

Penyerahan bantuan sepeda motor pustaka itu dilaksanakan pada Rabu (17/1) di Perpustakaan Nasional Indonesia Jakarta, dalam kegiatan "Penyerahan Motor Pustaka" kepada beberapa pegiat literasi.

Kegiatan itu untuk mendukung serta mendorong mobilitas pergerakan pegiat literasi di beberapa daerah di Indonesia.

Sugeng menyampaikan dalam penyerahan bantuan motor pustaka itu, Muh Syarif Bando, Kepala Perpusnas menegaskan walaupun gedung di Jakarta setinggi langit, tidak ada gunanya jika di daerah-daerah lain masih tertinggal.

Oleh karena itu, Perpusnas berkomitmen untuk mendukung segala kegiatan yang membangun masyarakat lewat literasi.

"Selain pergerakan lewat motor, jika perlu buat pelatihan mengenai literasi masyarakat. Perpusnas siap membantu," ujar Sugeng mengutip pernyataan Kepala Perpusnas itu.

Dalam acara itu, 60 sepeda motor dibagikan kepada para pegiat literasi di Indonesia, yaitu 20 sepeda motor diberikan kepada para relawan Pustaka Bergerak Indonesia dan 15 sepeda motor lainnya diberikan kepada pegiat literasi dari Taman Baca Masyarakat, serta sisanya diberikan kepada pegiat literasi dari unsur polisi dan TNI.

"Saya sangat bangga dan berterima kasih kepada Bapak Presiden RI Joko Widodo yang menyerahkan secara simbolik bantuan sepeda motor pustaka ini, dan saya berharap agar masyarakat semakin tumbuh berkembang minat bacanya serta mengenal perpustakaan," kata dia.
Editor: Budisantoso Budiman
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar