Pemerintah Serahkan 96 Unit Kapal 30 GT

id TPI Lempasing, ikan, nelayan, Lempasing, kapal nelayan

Pemerintah Serahkan 96 Unit Kapal 30 GT

Penangkapan ikan menggunakan payang atau jaring tarik di perairan Mutun Lampung. (ANTARA LAMPUNG/Hisar Sitanggang)

Bandarlampung (ANTARA Lampung) - Pemerintah menyalurkan bantuan berupa kapal perikanan sejumlah 96 unit berukuran 30 Gross Tonnage (GT) di TPI Lempasing, Bandarlampung, Rabu.

Selain itu, juga diberikan bantuan alat penangkapan ikan ramah lingkungan sebanyak 310 paket berupa gillnet millenium dan trammelnet dengan sebaran Kota Bandarlampung (32 paket), Kabupaten Lampung Selatan (35 paket), dan Kabupaten Lampung Timur (243 paket).
           
Bantuan tersebut merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari upaya peningkatan kesejahteraan nelayan.
           
Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Kementerian Kelautan dan Perikanan Sjarief Widjaja mengatakan mendapat informasi bahwa produksi perikanan di Lampung dan sejumlah wilayah di Tanah Air terus meningkat.
           
"Ini berkat upaya Ibu Menteri dan kerja sama kita semua dalam mengusir kapal asing serta pembenahan perizinan yang merupakan wujud nyata untuk menegakkan kedaulatan dan keberlanjutan. Kini, ikan sudah banyak di laut, silakan bapak-bapak melaut dan dioptimalkan dengan kegiatan penangkapan yang ramah lingkungan," pesan Sjarief kepada ratusan nelayan yang memadati area Pelabuhan Perikanan Lempasing.
          
Sjarief menegaskan, hasil kerja keras tersebut, secara berturut-turut bukti ilmiah menunjukan bahwa potensi perikanan di Indonesia dari tahun ke tahun terus meningkat.
          
Pada 2013 potensi perikanan tercatat sebesar 7,31 juta ton, tahun 2015 meningkat menjadi 9,93 juta ton dan hasil yang menggembirakan tercatat pada tahun 2016 menjadi 12,5 juta ton.

 ANTARA