Panglima: Nabi Muhammad Teladan Umat Islam

id panglima tni dan maulid nabi, gatot nurmantyo, panglima tni

Panglima: Nabi Muhammad Teladan Umat Islam

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memberikan sambutan dalam peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1439 H/2017 M di kompleks Monumen Nasional (Monas), Jakarta, Jumat (1/12). (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/foc/17.)

...Kalau kita benar-benar mencintai Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassallam, maka kita harus meneladaninya, di mana dan kapanpun, ujar Gatot...
Jakarta (ANTARA LAMPUNG) - Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan Nabi Muhammad SAW merupakan teladan umat Islam yang harus diteladani dimana pun dan kapan pun.

"Rasulullah SAW selalu memberikan contoh tauladan kepada semua umatnya, dengan melakukan kasih sayang dan rahmat kepada sesama umat begitu pula terhadap musuh-musuhnya. Kalau kita benar-benar mencintai Rasulullah Sallallahu Alaihi Wassallam, maka kita harus meneladaninya, di mana dan kapanpun," ujar Gatot di Jakarta, Minggu.

Bahkan dalam peperangan pun ada persyaratan-persyaratan, anak-anak tidak boleh dibunuh, wanita tidak boleh dibunuh, tidak boleh menyerang pasar, tidak boleh menyerang atau membunuh bagi yang berada di kuil-kuil atau di gereja-gereja.

"Rasul mengatakan kita harus berbuat baik kepada tawanan bahkan memberi makanan yang sangat layak. Itu hebatnya Rasulullah SAW, ujar Gatot.

Jenderal bintang empat ini menyampaikan, semoga semuanya menjadi umat yang bisa meneladani apa yang sudah dilakukan oleh Rasulullah SAW dan mencintainya.

"Seperti yang disabdakan oleh Rasulullah SAW bahwa barang siapa yang mencintaiku kelak akan bersamaku di akhirat," kata Gatot mengutip hadis nabi.

Hal itu pula, lanjut dia, yang membuat Islam menjadi agama yang besar.

Kedekatan Gatot dengan ulama membuat namanya masuk bursa ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES). Nama Panglima TNI ini masuk nominasi sebagai ketua umum, menggantikan Muliaman D Hadad. Nama Gatot mengemuka, lantaran dinilai memiliki kepemimpinan dan dekat dengan ulama dan umat Islam.

Wasekjen MES, Iggi H Achsien, mengatakan sebelumnya, Presiden Joko Widodo, telah membentuk Komite Nasional Ekonomi Syariah (KNKS) yang dipimpin langsung oleh Presiden Jokowi.

"Nah, jika MES diketuai Panglima, maka diharapkan semakin nyata dukungan pemerintah terhadap ekonomi syariah," kata Iggi.

Dukungan untuk Gatot datang baik dari pengurus pusat maupun daerah. Sebanyak 217 orang dari pengurus pusat dan pengurus daerah dari seluruh Indonesia dan Pengurus perwakilan luar negeri, termasuk 4 utusan khusus luar negeri (UK) hadir dalam pencalonan Gatot sebagai ketua umum MES.

Sembilan tim formatur yang terpilih yakni, Syahrial Abbas selaku perwakilan pengurus Indonesia bagian barat, Muhammad Hudaya selaku perwakilan Indonesia bagian tengah. Sulaiman Wasahua selaku perwakilan Indonesia bagian timur. Yodi Izharivan selaku perwakilan pengurus luar negeri. KH. Ma'ruf Amin selaku perwakilan dewan pembina PP-Demisioner.

Kemudian,Sugiharto selaku perwakilan dewan pakar PP-Demisioner. Muliaman D Hadad selaku mantan Ketua Umum, Firdaus Djaelani selaku steering committe Munas ke-4 MES, Muhammad Syakir Sula selaku Steering committe Munas ke-4 MES.

(ANTARA)