Jokowi Shalat Ied bersama masyarakat di Padang

id Presiden Joko Widodo, shalat Ied, Padang Sumatera barat, Jokowi baju koko, Joko widodo

Jokowi Shalat Ied bersama masyarakat di Padang

dokumentasi: Presiden Buka Puasa Bersama Anak Yatim Presiden Joko Widodo membagikan buku tulis disela-sela acara buka puasa bersama anak yatim dan penyandang disabilitas di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (28/6/2016). Buka puasa

...Kebersamaan kita dapat menjadi wahana bagian kesolehan sosial, ujar Irwan...
Padang, Sumbar (ANTARA Lampung) - Presiden Joko Widodo beserta Ibu Negara Iriana Joko Widodo menunaikan Shalat Idul Fitri 1437 Hijriah bersama masyarakat Kota Padang di Masjid Raya Sumatera Barat.

Menurut pantauan Antara, Presiden tiba di masjid pada Rabu sekitar pukul 07.15 WIB dengan didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dan Ketua DPD RI Irman Gusman serta Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Pada kesempatan itu, putra dan putri Presiden, Kaesang Pangarep serta Kahiyang Ayu, juga turut shalat berjamaah bersama warga Kota Padang.

Dalam rangkaian shalat Idul Fitri, tokoh yang bertindak selaku imam shalat adalah Indra Hadi dan khotib shalat yaitu Urwatul Wusqa.

Presiden mengenakan pakaian muslim putih dengan balutan jas abu-abu serta sarung berwarna cokelat muda dan peci hitam.

Dalam khotbahnya, Urwatul menyampaikan pesan pentingnya silaturahim antarsesama manusia dapat memperkuat kebersamaan guna meningkatkan kebahagiaan baik pribadi maupun dalam urusan berbangsa dan bernegara.

Urwatul mengatakan tujuan bersilaturahim sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman dan pertengkaran yang dapat menimbulkan perpecahan.

Ribuan umat muslim Padang memenuhi halaman masjid hingga ke pelataran parkir dan jalanan di sekitar masjid.

Sementara itu, Gubernur Irwan menyampaikan apresiasi kepada Presiden Jokowi atas kunjungannya ke Padang serta pembagian ribuan paket sembako di lima lokasi di kota itu.

Irwan mengatakan "blusukan" yang dilakukan Jokowi ke daerah kurang mampu dapat menjadi contoh revolusi mental dan menjadi amal soleh tidak hanya untuk pribadi tetapi juga menjadi kesolehan sosial.

Menurut Irwan, upaya Presiden tersebut juga menjadi cerminan kesabaran moral serta sosial dan menjadi fundamental berbangsa dan bernegara.

"Kebersamaan kita dapat menjadi wahana bagian kesolehan sosial," ujar Irwan.

Presiden berkunjung ke Padang untuk bersilaturahim dengan masyarakat kota itu saat Idul Fitri 1437 Hijriah sejak 4-6 Juli 2016.

Usai melaksanakan shalat Ied, Presiden direncanakan bertolak ke Solo dan Yogyakarta pada Rabu siang untuk melakukan kunjungan kerja sekaligus silaturahim dengan masyarakat Jawa Tengah. (Ant)