Jet Tempur Rusia Dikerahkan Ke Belarus

id Jet Tempur Rusia Dikerahkan Ke Belarus

Jet Tempur Rusia Dikerahkan Ke Belarus

Pesawat tempur Rusia Sukhoi Su-27 (wikipedia.org)

Moskow, (Antara/RIA Novosti-0ANA) - Satu unit jet tempur Rusia telah tiba di pangkalan udara Belarusia di mana ia akan ditempatkan untuk tugas waspada sebagai bagian dari jaringan pertahanan udara regional yang terintegrasi, kata kantor berita Belarusia BelaPAN.
        
Empat jet tempur Angkatan Udara Sukhoi Su-27 Flanker Rusia dan tenaga teknis telah ditugaskan di pangkalan udara Baranovichi, kata BelaPAN Minggu.
        
Kementerian Pertahanan Rusia baru-baru ini mengumumkan rencana untuk menyebarkan resimen jet tempur  di Belarus pada tahun 2015.  
   
Sebagian besar pesawat akan ditempatkan di satu pangkalan udara Rusia masa depan, Lida, sebuah kota di barat laut Belarus, dekat perbatasan Polandia dan Lithuania.
        
Pangkalan udara tersebut akan menjadi pangkalan udara Rusia pertama di wilayah Belarusia di zaman modern dan akan mengkonsolidasikan kerja sama pertahanan di bawah naungan Serikat Negara Rusia dan Belarus, kata  pejabat pertahanan di Moskow.
        
Para pejabat pertahanan Eropa telah mengecam bukti meningkatnya penyebaran militer Rusia di dekat perbatasan NATO, mengklaim pangkalan itu menjadi bahan bakar ketegangan dengan negara-negara bekas komunis blok di Eropa Tengah dan Amerika Baltik.
        
Tetapi Moskow telah berulang kali mengatakan hubungan pertahanan Rusia-Belarus adalah upaya yang sah untuk memastikan pertahanan yang solid bagi negara-negara Serikat Negara itu.
       
Rusia dan Belarus menandatangani perjanjian tentang perlindungan sbersama wilayah udara Serikat Negara dan penciptaan jaringan pertahanan udara regional yang terintegrasi pada  Februari 2009.

Penerjemah/Redaktur : A Krisna/Hisar Sitanggang