Bupati Lampung Barat Terima Penghargaan Ksatria Bhakti Husada Arutala

id Bupati Lampung Barat Terima Penghargaan Ksatria Bhakti Husada Arutala

Liwa, Lampung Barat (ANTARA LAMPUNG) - Bupati Lampung Barat Provinsi Lampung Mukhlis Basri menegaskan penghargaan Ksatria Bhakti Husada Arutala dari Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi merupakan milik masyarakat setempat yang telah berpartisipasi menyukseskan pembangunan bidang kesehatan di daerahnya.

"Dari enam kabupaten dan kota se-Indonesia, Lampung Barat menjadi salah satu daerah yang menerima penghargaan itu. Tidak berlebihan kiranya jika penghargaan ini kami persembahkan kepada seluruh masyarakat yang telah mendukung penuh program pemerintah di bidang kesehatan," ujar Bupati Mukhlis, didampingi Kabag Humas dan Protokol Pemkab Lampung Barat Burlianto Eka Putra saat dihubungi dari Liwa, Jumat.

Pada puncak peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-49 yang digelar di Expo Hall B Pekan Raya Jakarta, Kemayoran Jakarta Pusat, Bupati Mukhlis Basri menerima penghargaan Ksatria Bhakti Husada Arutala bersama lima kepala daerah lainnya se-Indonesia.

Sejak 2009, Pemkab Lampung Barat mencanangkan Program Pelayanan Kesehatan Masyarakat Gratis (PKMG) yang berlaku bagi seluruh masyarakat yang berdomisili di daerah ini.

Pemkab Lampung Barat juga memberikan jaminan kesehatan gratis kepada ibu melahirkan yang bertujuan untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI) dan angka kematian bayi (AKB).

"Lampung Barat mempunyai program unggulan kesehatan gratis dan melahirkan gratis di seluruh puskesmas dan rumah sakit umum daerah yang berlaku bagi seluruh warga di luar pemegang kartu jaminan kesehatan. Bupati memperkirakan hal itu yang menjadi salah satu poin penilaiannya," kata Kabag Humas Pemkab Lampung Barat Burlianto Eka Putra pula.

Penghargaan di bidang kesehatan dalam rangka Hari Kesehatan Nasional tersebut, demikian Burlianto, sebelumnya telah melalui proses penilaian oleh tim dari Kementerian Kesehatan yang turun ke beberapa lokasi sebagai objek penilaiannya.

"Kami semua patut bersyukur atas prestasi ini, apalagi dari ratusan kabupaten dan kota di Indonesia, ternyata Lampung Barat menjadi salah satu dari enam daerah yang terpilih," kata dia lagi.

Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi disaksikan Menteri Koordinator Kesejahteraan Rakyat Agung Laksono memberikan penghargaan Ksatria Bakti Husada Arutala kepada individu/institusi/mitra yang telah berjasa dalam pembangunan kesehatan kepada Bupati Lampung Barat Mukhlis Basri, Bupati Kabupaten Sijunjung Yuswir Arifin, Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo, Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti, dan Ketua TP-PKK Kabupaten Solok Erlinda Syamsu Rahim.

Sedangkan penghargaan Ksatria Bakti Husada Kartika diberikan kepada Bupati Kabupaten Gorontalo David Babihoe Akib dan Wali Kota Balikpapan Rizal Effendi.