Peneliti Jepang Abadikan Cumi-cumi Raksasa

id cumi-cumi

Peneliti Jepang Abadikan Cumi-cumi Raksasa

Sebagaimana disiarkan pada 22 Desember 2006 oleh www.foxnews.com, pemimpin tim Tsunemi Kubodera di atas kapal peneliti dengan cumi raksasa yang sudah mati. (AP/www.foxnews.com)

Tokyo (ANTARA/Reuters) - Tim peneliti Jepang berhasil mengabadikan makhluk kehidupan awal, cumi-cumi raksasa, setelah menyelam di kedalaman samudera dalam pencarian hewan mitos monster tentakel raksasa "Kraken".
        
Cumi-cumi itu diketahui memiliki panjang tubuh tiga meter dan berada di kedalaman satu kilometer di bawah permukaan laut. Gambar hewan raksasa itu diambil di kepulauan Ogaswara (1.000 kilometer sebelah utara Tokyo) pada Juli 2011.
        
Meski hewan laut itu lebih kecil dari ukuran cumi raksasa lainnya, penemuannya dapat membuka jalan untuk mengetahui hewan itu lebih lanjut.
        
Sebelumnya pernah diketahui terdapat cumi-cumi raksasa berukuran 18 meter tapi dukan di tempat tinggal aslinya.
        
"Banyak orang yang berusaha mengambil gambar cumi-cumi raksasa yang tinggal di habitat asli mereka tapi mereka gagal," kata Tsunemi Kubodera, pimpinan tim peneliti dan ahli Zoologi dari Museum Alam dan Ilmu Pengetahuan Nasional Jepang.
       
"Gambar ini adalah jepretan pertama kehidupan nyata cumi-cumi," kata Kubodera.
        
Kunci keberhasilan tim itu adalah kapal selam kecil dengan cahaya yang bisa dilihat mata manusia dan hewan sepalopoda (berkaki di kepala) itu.
        
Dia, seorang kameramen dan nahkoda kapal selam masuk ke kedalaman 630 meter di bawah permukaan laut dan melepaskan cumi-cumi buatan sepanjang satu meter. Tim melakukan itu lebih dari 100 kali.
        
"Jika anda mecoba mendekatinya dengan suara gaduh dan cahaya terang, maka cumi-cumi tidak akan mendekat, itu adalah dasar pemikiran kami," kata Kubodera.
        
"Maka dari itu, kami menunggunya dalam kegelapan menggunakan sinar infrared yang dapat kami lihat sambil menunggu cumi-cumi raksasa mendekat."
 
Hewan sepalopoda itu mampu diabadikan setelah tim peneliti masuk di kedalaman 900 meter.
        
"Saya telah melihat banyak cumi raksasa dalam kehidupan, tapi kebanyakan dari hewan itu telah diseret dari laut. Ini adalah pertama kali dalam hidup saya melihat cumi-cumi raksasa berenang di lautan," kata dia.
        
"Sangat menakjubkan, saya tidak menyangka bahwa pemandangan itu sangat indah. Mereka adalah ciptaan yang sangat cantik."
   
Sampai sekarang, masih sedikit informasi mengenai hewan yang menjadi mitos Kraken, satu hewan yang dikabarkan pernah menenggelamkan kapal pelaut Norwegia pada abad 18.
        
Namun untuk Kubodera, hewan itu benar adanya. "Cumi-cumi pada umumnya hidup dan berenang sendirian di laut. Tidak nampak sebagai hewan yang berkoloni."
   
"Saat saya melihatnya, tampak bagi saya dia sangat kesepian."
Editor : Hisar Sitanggang
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar