Pewarta Foto ANTARA Raih Adiwarta

id Pewarta Foto ANTARA Raih Adiwarta, Orang Utan, Lingkungan, Foto, gambar

Orang utan itu berpindah dari satu pohon ke pohon lain sampai lima hingga enam kilometer. Saya 'ikutin' terus."
 Jakarta (ANTARA) - Pewarta foto ANTARA Biro Kalimantan Barat, Jessica Helena Wuysang meraih penghargaan Kategori Foto Berita Terbaik Anugerah Adiwarta 2012 melalui karyanya yang berjudul "Evakuasi Orang Utan Sekarat", Selasa malam.

Lewat foto tersebut juga, Jessica yang telah menggeluti profesi  fotografer sekitar sepuluh tahun, berhasil meraih penghargaan Bidang Lingkungan Kategori Cetak Online Foto Berita.

Foto yang diambil pada tanggal 28 Agustus 2012 menggambarkan seekor orang utan menjelang ajal akibat luka bakar. Foto tersebut menjadi hits di berbagai media.

Jessica menuturkan, awalnya ia mendapat info dari seorang temannya bahwa ada orang utan yang masuk ke daerah permukiman.

"Orang utan itu berpindah dari satu pohon ke pohon lain sampai lima hingga enam kilometer. Saya 'ikutin' terus," tutur Jessica yang berhak mendapatkan hadiah total Rp26 juta dari dua penghargaan yang ia dapat.

Pada hari kedua, lanjutnya, orang utan itu masih bertahan di pohon, maka penduduk berinisiatif membakar pohon agar kera besar tersebut turun. Namun, ternyata sang orang utan tetap tidak beranjak sehingga ikut terbakar.

"Sebenarnya ada upaya warga untuk menolong tetapi orang utan itu menyerang. Dia tetap bertahan sampai melemah kemudian jatuh," ujar Jessica yang total memotret selama lima hari hingga dilakukan otopsi terhadap orang utan tersebut.

Ia menambahkan, "Dari awal tidak ada pikiran fotonya bagus. Hanya momennya saja. Tetapi teman-teman mendukung saya untuk kirim, karena kata mereka foto ini layak ikut lomba."

Jessica mengalahkan 862 karya foto yang masuk ke panitia  Anugerah Adiwarta 2012 sejak 10 Mei hingga 30 September 2012.

Anugerah Adiwarta merupakan penghargaan bagi jurnalis Indonesia, untuk mengapresiasi karya-karya jurnalistik. Ajang ini diharapkan dapat memotivasi para jurnalis untuk terus meningkatkan kualitas karyanya. (ANTARA).