Panen Manggis Di Lampung Barat Melimpah

id buah

Panen Manggis Di Lampung Barat Melimpah

Manggis (Foto ANTARA/Ari Bowo Sucipto)

Liwa (ANTARA LAMPUNG) - Panen buah manggis di Pesisir Lampung Barat pada tahun ini melimpah membuat pendapatan petani setempat melonjak.

"Panen cukup berlimpah, sehingga  mampu mencukupi permintaan buah untuk pedagang dalam dan luar daerah," kata petani di Kecamatan Karya Penggawa, Lampung Barat, Susilo (38), Selasa.

Dia menyebutkan kualitas manggis tahun ini mengalami penurunan akibat dampak cuaca ekstrem, sehingga ukurannya lebih kecil dibandingkan tahun lalu.
 
"Meskipun dari jumlah tidak mengalami penurunan, sayangnya kualitas buah manggis tersebut justru anjlok, meski begitu harga manggis masih tergolong tinggi," kata dia lagi.
        
Ia menyebutkan manggis menjadi tanaman sela yang mengutungkan sehingga petani setempat mengembangkan tanaman tersebut lebih luas lagi.
        
Hasil panen manggis didistribusikan ke sejumlah wilayah, yakni Bandarlampung, dan Jakarta, dengan setiap pengiriman mencapai empat ton lebih. Harga buah manggis di Lampung Barat mencapai Rp5 ribu per kilogram.
        
Sebagian besar petani mengakui membudidayakan manggis cukup mudah dan menguntungkan, sebab jenis tanaman tersebut tidak memerlukan perawatan ketat. (Ant)