Bandarlampung (ANTARA) - Kepolisian Daerah (Polda) Lampung melakukan pengecekan kesiapan personel pengamanan menjelang pelaksanaan debat perdana para pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung, yang dijadwalkan pada Minggu (13/10).

"Kami pastikan kegiatan debat perdana paslon Pilkada Lampung berjalan aman dan lancar tanpa gangguan," kata Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika, di Bandarlampung, Rabu.

Ia pun mengingatkan para kasatker dan kasatwil dalam pengamanan tahapan Pilkada 2024 terus berkoordinasi dan berkolaborasi dengan TNI dan stakeholder lainnya, agar kegiatan tersebut berjalan dengan baik dan tidak ada hal-hal yang dapat mengganggu jalannya acara.

"Kami juga terus melakukan koordinasi dengan berbagai pihak terkait, seperti Bawaslu, KPU, dan stakeholder lainnya, untuk memastikan keamanan dan kelancaran seluruh tahapan Pilkada 2024 termasuk debat paslon," kata dia.

Dia pun menegaskan kembali bahwa Polda Lampung siap dalam mengamankan jalannya seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024 demi terwujudnya suksesi kepemimpinan kepala daerah yang aman dan nyaman.

"Kami berkomitmen untuk menciptakan suasana kondusif dan mendukung suksesnya pilkada di Lampung. Bahkan Kami akan terus memantau situasi dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk menjaga keamanan dan ketertiban selama proses pilkada," kata dia.

Pada sisi lain, Jenderal bintang dua ini juga meminta jajaran agar tetap menjaga dan menunjukkan profesionalisme demi menjaga citra baik Polri.

"Saya selalu ingatkan para personel agar menjunjung tinggi netralitas dengan tidak berpolitik praktis, mengarah pada keberpihakan yang menguntungkan atau merugikan calon kepala daerah peserta Pilkada 2024, namun jika memang terbukti ada personel terlibat maka tindakan akan dijalankan," kata dia.

Kepolisian Daerah (Polda) Lampung telah menyiapkan sebanyak 1.008 pasukan gabungan guna mengamankan pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di provinsi ini.

Baca juga: Polda Lampung identifikasi 72 TPS yang rawan dalam Pilkada 2024

Baca juga: Polda Lampung periksa enam saksi usut kebakaran gudang BBM di Lamsel

Baca juga: Bawaslu Lampung sebut Deklarasi Kampanye Damai untuk jaga persatuan jelang Pilkada


Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Agus Wira Sukarta
Copyright © ANTARA 2024