Aceh (ANTARA) - Atlet aerosport paramotor Lampung Adi Ayangsyah menyumbang medali perak dari nomor slalom foot launch di Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut 2024.

"Alhamdulillah atlet paramotor Lampung menyumbang medali perak kelas slalom foot launch ," kata Manager Aerosport Paramotor Lampung, Waras Budi Hartawan, di Banda Aceh, Rabu.

Ia menyebutkan dalam pertandingan di Bandara Malikussaleh, Kabupaten Aceh Utara, itu atlet Jawa Barat Arlen Verta Ramadhan dan Acep Rustandi masing-masing memperoleh medali emas dan medali perunggu.

Menurut dia, kelas slalom foot launch yang diikuti 47 atlet merupakan nomor bergengsi karena menampilkan keterampilan, keseimbangan kemudian pilot harus bisa melakukan manuver cukup ekstrem.

"Slalom sebenarnya jadi nomor favorit atlet paramotor kita (Ahyang). Tapi cuaca cukup ekstrem sehingga agak sulit untuk bermanuver," tambahnya.

Waras memperkirakan bahwa tim paramotor Lampung kemungkinan bisa mendapatkan medali tambahan untuk nomor Presisi Foot Launch (FL).

Nomor-nomor perorangan dan beregu yang akan dilombakan di PON XXI ada 12 nomor antara lain Foot Launch,  Presisi FL, Navigasi FL, dan Ekonomi FL.  

Kemudian, untuk kategori terbuka ada FL Slalom, Presisi WL solo, Navigasi WL solo, Ekonomi WL solo, Presisi WL tandem, dan Navigasi WL tandem. 

Atlet yang akan diturunkan adalah Adi Ayangsyah Co pilot Wl Tandem dengan Radyen Banta Hasbyallah, Yudhistira Perkasa Co pilot Wl Tandem Wahyu Syah Putra, Wahyu Syah Putra, dan Sri Pudji Astuti. 

Baca juga: Arinal berharap emas pertama kontingen Lampung jadi motivasi

Baca juga: Lampung sabet emas pertama dari cabor senam di PON XXI

Baca juga: Kirab api PON Aceh-Sumut melintasi 15 daerah dalam tujuh hari


Pewarta : Agus Wira Sukarta
Editor : Satyagraha
Copyright © ANTARA 2024