Bandarlampung (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandarlampung mengatakan, guna menghadapi siklus El Nino pihaknya akan memberikan bantuan pangan kepada warga setempat berupa beras.

"Nanti di bulan Oktober, November, Desember turun bantuan pangan, sekarang sedang dalam proses persiapan," kata Pelaksana Tugas Kepala Dinas Ketahanan Pangan M Yusuf, di Bandarlampung, Kamis.

Ia mengatakan bahwa bantuan pangan atas peringatan dari Pemerintah Pusat yang meminta pemerintah kabupaten dan kota untuk memperkuat cadangan pangan, guna mengantisipasi siklus El Nino.

"Jadi cadangan pangan ini bisa berupa beras maupun lainnya," kata dia.

Menurutnya, dengan bantuan beras tersebut diharapkan ada penguatan daya beli masyarakat. Dimana uang yang harusnya dibelikan beras dapat digunakan untuk keperluan lainnya.

Selain itu, lanjut dia, nanti juga akan ada kegiatan pasar murah dari Pemerintah Pusat dan Pemkot Bandarlampung akan membantu dalam pelaksanaannya.

"Pasar murah ini dari pusat nanti turun ke organisasi perangkat daerah (OPD). Tempat pasar murah itu nanti di wilayah atau lokasi yang bisa menghimpun orang banyak dengan kondisi yang dipertimbangkan," kata dia.

Menurutnya, untuk dampak El Nino masih belum berdampak ke bahan pangan di kota ini.

"Jadi komoditas pangan masih tersedia, harga juga belum terjadi kenaikan signifikan, kami juga diminta mengirimkan data ketersediaan pangan setiap Senin oleh pemerintah pusat," kata dia.

Pewarta : Dian Hadiyatna
Editor : Hisar Sitanggang
Copyright © ANTARA 2024