Bandarlampung (ANTARA) - Cabang olahraga (Cabor) e-Sport resmi dipertandingkan pada Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) IX Lampung yang resmi dibuka Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemprov Lampung Qudrotul Ikhwan di Mall Boemi Kedaton (MBK), Jumat.

Cabor e-Sport ini mempertandingkan empat divisi yakni Mobile Legend, Free Fire, PUBG, E-Football yang dilaksanakan mulai dari tanggal 9 sampai 11 Desember 2022. 

Gubernur Lampung dalam sambutannya yang disampaikan oleh Qudrotul Ikhwan mengatakan  bahwa e-Sport dewasa ini sangat populer di kalangan anak muda. Dalam ajang Asian Games 2018 di Indonesia sendiri, pemerintah telah meresmikan e-Sport sebagai cabang olahraga prestasi.

Untuk itu, salah satu pengembangan olahraga e-sport yakni dengan menghadirkan wadah-wadah kompetisi yang terstruktur dan berjenjang. 

"Inilah yang perlu menjadi perhatian bersama agar ke depan banyak upaya dan kerja sama untuk memajukan e-Sport ini dan bisa terus dilakukan secara simultan, sehingga membawa prestasi bagi e-Sport kabupaten atau kota di Lampung," katanya. 

Pemprov Lampung, kata dia, sangat mendukung sepenuhnya olahraga e-Sport ini. Ini dibuktikan dengan sudah tergabungnya cabang olahraga ini ke dalam multievent Porprov IX Tahun 2022. 

"Saya berharap dengan adanya Porprov ini dapat meningkatkan kualitas maupun kuantitas atlet serta sebagai bentuk pijakan agar nantinya mampu mengharumkan nama Provinsi Lampung di kancah nasional maupun internasional," ucapnya. 

Sementara itu, Ketua Umum e-Sport Indonesia (PBESI) Provinsi Lampung Brigjen Pol. Harseno mengucapkan terimakasih kepada Pemprov Lampung karena telah mendukung pengurus ESI sehingga kompetisi e-Sport dalam Porprov ke-IX dapat terlaksana dengan baik. 

"Kami sangat berharap kerja sama yang baik ini dapat terus terjaga dan dapat ditingkatkan untuk kemajuan e-sport di Provinsi Lampung," ujarnya. 

Dia menyebutkan, PBESI Lampung sebagai organisasi resmi dibidang e-Sport, siap membawa e-Sport Lampung menjadi maju dan semakin berprestasi. 

Brigjen Pol. Harseno juga menyatakan akan terus berupaya untuk mencari dan memperoleh bibit unggul atlet yang nantinya dapat mengharumkan nama Provinsi Lampung di kancah e-Sport Nasional maupun Internasional.

Pewarta : Hendra Kurniawan
Editor : Agus Wira Sukarta
Copyright © ANTARA 2024