Lampung Timur (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) OSES fokus melakukan pembersihan ceceran minyak yang terdapat di pantai yang berlokasi di Kecamatan Labuhan Maringgai, Kabupaten Lampung Timur.

Upaya ini dilakukan PHE OSES untuk mencegah dampak kepada lingkungan dan masyarakat.

Head of Comrel & CID PHE OSES Indra Darmawan dalam keterangan tertulis diterima di Lampung Timur, Kamis (18/7) menyampaikan, ceceran langsung dibersihkan sejak ditemukan dengan proses pembersihan yang dilakukan oleh tim perusahaan dengan dibantu oleh masyarakat yang terlebih dahulu diberikan penyuluhan terkait tata cara pembersihan dan aspek safety oleh tim perusahaan. 

“Ceceran minyak dikumpulkan kemudian dimasukkan ke dalam karung dengan tetap memperhatikan prosedur keselamatan, dan langsung dikirim ke perusahaan pengolah limbah yang telah mengantongi izin resmi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)," terang Indra Dermawan.

Ia menambahkan, setiap hari transporter dari pihak pengolah limbah mengangkut karung yang telah terkumpul menggunakan kendaraan pengangkut khusus sehingga dipastikan tidak ada yang tertinggal di lokasi pembersihan. 

Menurutnya, hingga kini, terpantau wilayah yang sebelumnya terdampak sudah kembali bersih dan tertangani dengan baik. Tim intensif akan terus memonitor area pesisir dan siap melakukan pembersihan secara berkelanjutan hingga tuntas. 

“Berkat dukungan dan koordinasi yang erat dengan masyarakat, pemerintah daerah dan instansi terkait, pembersihan berjalan lancar dan kondusif. Penanganan lingkungan dan keselamatan masyarakat menjadi prioritas PHE OSES untuk memastikan dampak tidak meluas”, papar Indra.

Pewarta : Muklasin
Editor : Edy Supriyadi
Copyright © ANTARA 2024