Metro (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Metro memberikan pendampingan bagi masyarakat Bumi Sai Wawai yang mengalami kesulitan mendaftar Kartu Pra Kerja.

"Iya karena ada masyarakat yang belum tahu cara mendaftarnya, karena via online. Jadi kita fasilitasi mereka untuk mendaftar," kata Kepala Disnakertrans Metro, Rakhmat Z. Sesunan didampingi Kabid Ketenagakerjaan, Aprizal, Senin.

Dikatakannya, selain pendampingan, pihaknya juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang apa itu Kartu Pra Kerja dan manfaat mendaftar kartu tersebut.

"Itukan program dari pemerintah pusat ya. Jadi memang tugas kita hanya menyosialisasikan. Kita berikan pemahaman apa itu Kartu Pra Kerja dan manfaatnya," ucapnya.

Pihaknya mengaku belum mengetahui berapa jatah Kartu Pra Kerja untuk Kota Metro dan berapa jumlah warga Kota Metro yang sudah mendaftar.

"Kami belum tahu. Karena itu tidak melalui kita dan langsung ke pemerintah pusat," ucapnya.

Rahkmat menjelaskan, penerima Kartu Pra Kerja nantinya akan menerima total bantuan Rp3,5 juta. Namun, bantuan tersebut tidak diberikan dalam bentuk tunai, melainkan berupa pelatihan kerja.

"Jadi bukan bantuan uang ya. Itu untuk pelatihan dan lain-lain. Totalnya Rp3,5 juta," jelasnya.

Ia menambahkan, untuk pelatihan dilakukan secara online melalui Tokopedia, Bukalapak, Skill Academy, Kemnaker, Pintaria, Pijar, Sekolah.mu dan MauBelajarApa.


Pewarta : Hendra Kurniawan
Editor : Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024