Dosen Darmajaya bantu bumbu Pak Kartam berkembang

id lampung, dosen, darmajaya, kampus, perguruan tinggi, universitas

Dosen Darmajaya bantu bumbu Pak Kartam berkembang

Dosen Darmajaya bantu bumbu Pak Kartam berkembang. ANTARA/HO-Darmajaya

Bandarlampung (ANTARA) - Tim dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya menggelar pelatihan Packaging (produk desain kemasan dan logo) dan Promosi Produk Media Sosial serta Platform Website kepada kelompok usaha Miranti, dengan produknya yang bermerek Pak Kartam, beberapa waktu lalu.

Tim yang diketuai Fitria, S.T., M.Kom. dengan anggota Dr. Anggalia Wibasuri dan Indera, S.Kom., M.T.I. melakukan kegiatan hibah pengabdian kepada masyarakat (PKM) Direktorat Riset, Teknologi, Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI tahun 2024. Adapun hibah tersebut berjudul “Strategi Peningkatan Transaksi Penjualan Bumbu Racik Kemasan Melalui E-Promotion dan membangun Identitas Merek pada kelompok usaha Miranti”.

Awalnya usaha pembuatan bumbu racik basah dan kering yang dimiliki Nurhayati ini bernama UKM Miranti, namun dalam perkembangan usahanya untuk memudahkan pemasaran kepada konsumen. Nurhayati mengubah nama menjadi IKM (Industri Kecil dan Menengah) dengan menggunakan nama Pak Kartam yang digunakan dalam label merek usaha tersebut.

Pemilihan Pak Kartam sangat familiar di daerah Tulangbawang Barat dan merupakan orangtua dari Nurhayati.

“Kelompok usaha Miranti ini mengalami perkembangan dengan perubahan nama label merek Pak Kartam karena mudah diingat. Usaha Bu Nurhayati masuk ke dalam IKM karena memang usaha rumahan dengan pengolahan bumbu yang telah memiliki izin usaha dan sertifikasi halal serta terdaftar (PIRT),” ujar Fitria

Fitria menerangkan tim dosen IIB Darmajaya memberikan pendampingan dalam pelatihan Packaging dengan produk desain kemasan dan logo. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan daya saing produk, branding yang kuat, kualitas kemasan produk, dan nilai jual produk.

“Kami juga memberikan pelatihan promosi produk setelah penguatan kemasan dilakukan. Bagaimana pemasaran di media sosial dan website agar penjualan meningkat,” ujarnya.

Menurut dia, dari pelatihan tersebut akan disiapkan dokumen untuk pendaftaran Hak Kekayaan Intelektual (HKI) dengan aplikasi yang digunakan. Pengabdian juga diikuti dua mahasiswa yakni Linda Wuri Rahayu (Prodi Teknik Informatika) dan Muhammad Firham (Prodi Manajemen) yang akan mendapatkan konversi 6 SKS mata kuliah.

Sementara, Nurhayati selaku pemilik usaha mengucapkan terima kasih kepada dosen IIB Darmajaya atas ilmu yang diberikan. Pelatihan yang diberikan ini sangat bermanfaat dalam pengembangan pemasaran dalam peningkatan penjualan bumbu basah.

“Semoga kami dapat menerapkan ilmu yang diberikan dengan baik dan bermanfaat,” katanya lagi.

Untuk pendaftaran mahasiswa baru dapat langsung mengunjungi laman pmb.darmajaya.ac.id. Atau dapat langsung menghubungi narahubung selama 24 jam pada nomor 08117972244 atau 082306097566.