Dosen DKV Itera sosialisasikan kesehatan gigi melalui buku ilustrasi anak

id lampung, itera, institut teknologi sumatera

Dosen DKV Itera sosialisasikan kesehatan gigi melalui buku ilustrasi anak

Kenalkan pentingnya kesehatan gigi, Dosen DKV Itera sosialisasikan buku ilustrasi anak   (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Dosen Program Studi Desain Komunikasi Visual (DKV) Institut Teknologi Sumatera (Itera) yang tergabung dalam tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Hibah Itera, mengadakan kegiatan bercerita (read aloud) terkait buku ilustrasi anak berjudul Petualangan Arum dan Nirmana.

Ketua Tim PKM Doni Alfaruqy, M.Pd., menyampaikan bahwa kegiatan bercerita (read aloud) ini bertujuan untuk mengenalkan pentingnya menjaga kesehatan gigi untuk mencegah karies gigi pada anak-anak.

Harapannya, buku ilustrasi yang disajikan dengan cerita dan gambar yang sangat menarik ini dapat meningkatkan kesadaran anak dalam merawat giginya.

Pembacaan buku cerita ilustrasi “Petualangan Arum dan Nirmala” di SDNI 2 Harapan Jaya, Sukarame, Bandarlampung, secara read aloud dilakukan dengan berkelompok dan didampingi oleh fasilitator baik dosen dan mahasiswa.

Kegiatan diawali dengan memberikan pre-test kemudian pembacaan cerita oleh mahasiswa sebagai fasilitator, lalu siswa-siswi SD kelas 1 menyimak dan memberikan tanggapan, setelah itu kegiatan diakhiri dengan post-test. Para peserta terlihat sangat antusias dalam menyimak dan memberikan tanggapan terkait buku cerita tersebut.

Tim PKM DKV Itera terdiri dari Muhammad Hajid An Nur, M.Ds., Candra Prayogi, M.Ds., Putri Kholida, M.Ds., Tefur Nur Rohman, M.Li., Jejen Jaelani, M.Hum., dan Susi Susyanti., M.Ds., dan juga melibatkan lima mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual Itera sebagai fasilitator.

Dalam sambutannya Kepala SDN 1 Harapan Jaya, Sukarame, Heni Ermalinda yang diwakili oleh Heni Febriyanti, S.Pd.SD., menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan PkM yang telah dilaksanakan tim dosen dan mahasiswa Itera.

Heni berharap kegiatan PkM ini dapat meningkatkan motivasi anak-anak untuk membaca dan mempraktikan kebiasaan sikat gigi yang sehat. 

Berita kerja sama