Dukung IKN dengan jaringan 5G, trafik data Telkomsel melonjak hingga 650 persen

id Telkomsel ,Telkomsel dukung IKN,Ibu Kota Nusantara

Dukung IKN dengan jaringan 5G, trafik data Telkomsel melonjak hingga 650 persen

Telkomsel menyiapkan jaringan Broadband 5G di Ibu Kota Nusantara (IKN) untuk mendukung menyukseskan program pemerintah salah satunya pelaksanaan HUT RI ke-79. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Jakarta (ANTARA) -
Telkomsel mencatat lonjakan trafik data hingga 650 persen dengan total payload per hari mencapai 37,4 terabyte, seiring peran aktif perusahaan dalam pembangunan dan pengembangan konektivitas broadband 5G di Ibu Kota Nusantara (IKN).

Dikutip dari rilis yang diterima, Rabu, lonjakan ini terjadi tidak terlepas dari upaya Telkomsel yang telah menyiapkan 55 base transceiver station (BTS) berteknologi 5G dan 4G di berbagai lokasi strategis di IKN sejak awal 2023.

Direktur Network Telkomsel Indra Mardiatna mengatakan peningkatan signifikan pada trafik data ini dipicu oleh semakin tingginya aktivitas digital dari pekerja, masyarakat, dan pengunjung yang beraktivitas di wilayah IKN.

Selain itu, lanjutnya, Telkomsel juga telah menambah dan mengoptimalkan jaringan di dua ruas tol penghubung IKN, yakni Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) dan Tol Baru IKN, untuk memastikan konektivitas yang stabil dan cepat bagi para pengguna yang memasuki wilayah tersebut.

Dengan dukungan infrastruktur jaringan yang luas dan andal serta inovasi berkelanjutan di IKN, hal tersebut mempertegas langkah strategis Telkomsel dalam mendukung pemerintah untuk mewujudkan IKN sebagai pusat pemerintahan baru yang memiliki kapabilitas kota pintar dan berbasiskan teknologi.

"Kami konsisten mengambil peran terdepan dalam mendukung program pemerintah, salah satunya adalah demi kelancaran dan kenyamanan jaringan telekomunikasi IKN, mulai Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) hingga di kawasan pendukung," ujarnya.

Hal ini juga untuk mendukung memperlancar jaringan dalam menyukseskan pelaksanaan HUT ke-79 RI bertema "Nusantara Baru Indonesia Maju" yang segera berlangsung pada 17 Agustus di IKN.

Ia telah memastikan konektivitas bagi para pelanggan yang akan memasuki wilayah IKN dengan mengoptimalkan jaringan di dua kota penyangga IKN, yakni Balikpapan dan Samarinda.

Dukungan juga mencakup 10 area khusus seperti bandara, pusat perbelanjaan, penginapan, dan jalan utama yang menghubungkan kedua kota dengan IKN.

"Kami berkomitmen memberikan kenyamanan akses komunikasi di IKN melalui optimalisasi jaringan broadband terdepan, untuk mendukung transformasi digital di berbagai sektor, termasuk mewujudkan visi IKN menjadi kota berkelanjutan di dunia yang memiliki kapabilitas smart city," kata Indra.