Pembangunan tol Baleno Jambi capai 92,5 persen

id Tol baleno Jambi, pembangunan tol Jambi, progress tol Jambi

Pembangunan tol Baleno Jambi capai 92,5 persen

Gubernur Jambi Al Haris saat meninjau pengerjaan tol Bayung Lencir-Tempino Jambi, Kamis (1/8/2024). (ANTARA/HO-Diskominfo Jambi)

Kita meninjau tol penghubung Jambi-Jakabaring dan ini yang akan selesai adalah pekerjaan tol seksi 3 (tol ruas Baleno) kita lihat selesai, kata Haris
Jambi (ANTARA) - Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jambi Ibnu Kurniawan mengatakan kemajuan pembangunan jalan bebas hambatan (tol) Bayung Lincir-Tempino (Baleno) hingga akhir Juli 2024 sudah mencapai 92,5 persen.

"Pembangunan tol seksi 3 Bayung Lencir-Tempino ini satu segmen dengan pembangunan ruas tol Betung-Jambi-Simpang Nes. Untuk pembangunan tol seksi 3 ini yang juga termasuk Gerbang tol Sebapo, progres sudah 92,5 persen, selesai akhir Agustus ini," kata Ibnu di Jambi, Kamis.

Gubernur Jambi Al Haris didampingi Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi Muzakir meninjau pembangunan tol Baleno.

Peninjauan ini diawali dengan melihat progres pembangunan gerbang tol Sebapo, selanjutnya Gubernur menjajal tol Baleno dari Sebapo ke perbatasan Jambi-Sumatera Selatan bersama BPJN dan Satker Baleno.

Gubernur mengaku sengaja turun untuk melihat progres pembangunan jalan tol penghubung Jambi-Sumsel, khusus di ruas pekerjaan seksi tiga Bayung Lencir-Tempino.

Setelah melihat progres pembangunan di lapangan, dirinya yakin ruas tol Baleno dengan panjang 15,4 kilometer itu selesai tepat waktu.

"Kita meninjau tol penghubung Jambi-Jakabaring dan ini yang akan selesai adalah pekerjaan tol seksi 3 (tol ruas Baleno) kita lihat selesai. Terima kasih kepada semua tim dari balai terus memberikan dukungan untuk pekerjaan tol Jambi-Palembang ini," kata Haris.

Konstruksi tol Baleno seksi tiga menggunakan inovasi geofoam (lapisan busa) sepanjang 400 meter.

Dalam pengerjaan seksi tiga sejauh 33 kilometer itu, terpasang geofoam sepanjang 200 meter dari arah Jambi menuju Palembang. Adapun 200 meter lagi ditempatkan di arah Palembang menuju Jambi tepatnya di KM 141.