Ini kiat merawat kendaraan bagi pemilik super sibuk

id tips otomotif,tips rawat mobil,rawat mobil

Ini kiat merawat kendaraan bagi pemilik super sibuk

Tips merawat mobil bagi mereka yang sibuk dengan pekerjaan. (ANTARA/HO-ADM)

Jakarta (ANTARA) - Pemilik kendaraan yang tidak banyak memiliki waktu luang untuk memeriksa atau merawat kendaraan mereka secara rutin, dapat melakukan beberapa cara agar kendaraan mereka tetap prima saat digunakan.

Daihatsu melalui keterangan resminya pada Minggu, memberikan enam kiat aman bagi mereka yang tidak memiliki banyak waktu luang dalam merawat kendaraan secara langsung.

Periksa air radiator

Pemilik kendaraan yang sibuk dengan berbagai kegiatannya, setidaknya dapat meluangkan waktunya sesaat untuk memeriksakan kondisi air radiator mereka. Kegiatan yang tidak banyak memakan waktu ini dapat menghindari kendaraan tersebut dari masalah overheat.

“Periksa rutin ketinggian air radiator coolant di tangki cadangan. Bila kurang, tambahkan dengan air radiator coolant resmi Daihatsu. Karena kekurangan air radiator dapat menyebabkan mesin overheat,” tulis Daihatsu.

Periksa oli mesin

Periksa ketinggian oli mesin di antara batas minimum dan maksimum yang dapat terlihat pada stik cek oli, karena kekurangan oli dapat menyebabkan kerusakan mesin.

Periksa kondisi air wiper

Penggunaan air wiper saat menjalankan fungsi wiper sangat penting agar dapat menjaga visibilitas pengendara dan tidak merusak kaca. Pastikan air di tangki wiper juga dalam kondisi terisi penuh yang dapat dilihat dari tangki air wiper.

Periksa minyak power steering

Bagi kendaraan yang menggunakan power steering bertipe hidrolik, bisa melakukan pengecekan minyak power steering dengan melihat batas minimum dan maksimum yang ada pada tangki penampungan minyak power steering.

“Sebelum mematikan mesin, pastikan juga roda depan tetap dalam keadaan lurus agar kinerja power steering tetap baik. Gunakan minyak power steering sesuai spesifikasi yang direkomendasikan,” lanjutnya.

Periksa kondisi minyak rem

Untuk kinerja pengereman optimal, pastikan ketinggian minyak rem berada pada batas maksimum dan gunakan minyak rem yang telah direkomendasikan. Bila kurang sampai batas minimum dan lampu indikator rem menyala, segera hubungi bengkel resmi terdekat.

Periksa kondisi aki

Khusus pengguna aki basah, isilah air aki secara berkala agar aki tetap berfungsi secara optimal. Pastikan dengan cara melihat ketinggian cairan aki pada seluruh sel selalu berada antara Lower Level dan Upper Level.