Polres Lampung Selatan gelar apel Operasi Ketupat 2024

id Lampung Selatan ,Pengamanan lebaran ,Operasi ketupat 2024

Polres Lampung Selatan gelar apel Operasi Ketupat 2024

Suasana saat Kapolres Lampung Selatan AKBP Yusriandi Yusrin usai melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024, di Kalianda, Rabu (3/4/2024). ANTARA/Riadi Gunawan.

Lampung Selatan (ANTARA) - Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan bersama instansi pendukung melaksanakan gelar apel pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024 di Lapangan Korpri Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, Rabu.

"Apel gelar pasukan ini merupakan bentuk pengecekan terakhir kesiapan pelaksanaan Operasi Ketupat 2024 sebagai komitmen nyata sinergitas TNI-POLRI dan seluruh stakeholder terkait dalam rangka pengamanan mudik dan perayaan Idul Fitri 1445 Hijriah," kata Kapolres Lampung Selatan AKBP Yushriandi Yusrin, di Kalianda, Rabu.

Menurut dia, pengamanan lebaran berbeda dengan kegiatan operasi lainnya karena Polres Lampung Selatan melakukan pengamanan arus mudik dari Pulau Jawa menuju Sumatera melalui Pelabuhan Bakauheni, Provinsi Lampung, dan melewati jalan lainnya seperti jalan tol trans Sumatera (JTTS), jalan lintas Sumatera (Jalinsum) bagian tengah dan Jalinsum bagian timur.

"Polri bersama stakeholder terkait berkomitmen untuk melaksanakan pengamanan secara lebih optimal melalui operasi terpusat dengan sandi Ketupat 2024 selama 13 hari mulai 4 -16 April 2024.

Dia mengatakan operasi tersebut telah diawali dengan kegiatan rutin yang ditingkatkan (KRYD) sejak 28 Maret sampai 3 April 2024 dengan harapan agar pelaksanaan pengamanan Lebaran 2024 dapat berjalan dengan lancar dan aman.

Menurut dia, pengamanan Idul Fitri merupakan kegiatan rutin yang harus dilanjutkan agar tercipta situasi keamanan yang kondusif di tengah masyarakat, sehingga dirinya mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama menjaga situasi keamanan dan ketertiban serta menjunjung tinggi toleransi antarumat beragama.

Kegiatan apel pasukan Operasi Ketupat Krakatau 2024 diikuti dari jajaran Polres Lampung Selatan, TNI Kodim 0421, TNI Denpom AD, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Dinas Kesehatan, Pemadam Kebakaran, Basarnas, HK, BPBD, Senkom, Pramuka dan instansi pendukung lainnya.

Adapun personel yang dilibatkan terdiri dari petugas pengamanan Pos Operasi di Rest Area JTTS dan jalur arteri lintas tengah dan lintas timur serta pengerahan satgas operasi, yakni Satgas Preemtif, Satgas Preventif, Satgas Kamseltibcar, Satgas Gakkum, Satgas Humas dan Satgas Banops.

Dalam pengamanan ini juga Polres Lampung Selatan menerjunkan 201 personelnya dengan dukungan dari Kodim 0421/Ls 76 personel, Dishub 60 personel, Satpol PP 88 personel, Dinas Kesehatan 88 personel, BPDB 18 personel, Basarnas 18 personel, Senkom Polri 20 personel dan pendukung lainnya.