Iga Swiatek raih gelar Indian Wells kedua

id Swiatek,Indian Wells Masters,WTA Masters 1000

Iga Swiatek raih gelar Indian Wells kedua

Petenis Polandia Iga Swiatek. ANTARA/Getty Images via AFP/Katelyn Mulcahy/am.

Jakarta (ANTARA) - Petenis nomor satu dunia Iga Swiatek mengalahkan petenis Yunani Maria Sakkari 6-4, 6-0, untuk merebut gelar WTA Indian Wells keduanya, Minggu waktu setempat atau Senin WIB.

Pertandingan ulang pertarungan final tahun 2022 itu menghasilkan hasil yang hampir sama, ketika juara Grand Slam empat kali Swiatek mendominasi set kedua untuk merebut gelar ke-19 dalam kariernya dan gelar kedua pada 2024.

Sakkari, peringkat kesembilan dunia, bertarung dengan berani melalui set pembuka, menghapus break dan menyelamatkan dua break point pada gim terakhir sebelum Swiatek melepaskan pukulan forehand yang keras untuk mengantongi set tersebut setelah 44 menit.

Hanya perlu 24 menit lagi bagi bintang Polandia itu untuk menyelesaikan semuanya. Dia mematahkan semangat Sakkari untuk memimpin 2-0 dan meluncur ke garis finis.

Swiatek melanjutkan kebangkitannya yang kuat setelah tersingkir pada babak ketiga Australian Open pada Januari.

Sejak itu, ia memenangi gelar di Doha dan mencapai semifinal di Dubai. Pada final Indian Wells, ia menjadi petenis putri ke-10 yang memenangi gelar Indian Wells dua kali -- belum ada yang berhasil mengangkat trofi tersebut tiga kali.

"Sungguh menakjubkan bisa berdiri di sini lagi," kata Swiatek kepada penonton di lapangan Stadion setelah memenangi gelar kedelapannya di level WTA 1000, seperti disiarkan AFP, Senin.

Perjalanan Swiatek termasuk kemenangan atas Linda Noskova -- remaja Ceko yang mengalahkannya pada babak ketiga Australian Open pada Januari lalu.

Swiatek, yang hanya kalah dalam 21 pertandingan dan tidak kehilangan satu set pun sepanjang turnamen, mengambil inisiatif lebih awal, mematahkan servis Sakkari untuk memimpin 3-0.

Sakkari, yang dua gelar sepanjang kariernya termasuk ajang level 1000 di Guadalajara pada September lalu, bangkit kembali pada gim kelima dan menyamakan kedudukan 4-4.

Namun, saat berusaha mempertahankan set tersebut, ia dengan cepat mendapati dirinya tertinggal 0-40 dan setelah Swiatek menguasai set tersebut, ia memenangi delapan gim terakhir pertandingan tersebut.

"Kredit untuk Iga," kata Sakkari, yang berhasil melewati semifinal yang penuh ujian dan diganggu hujan melawan juara US Open Coco Gauff untuk melakukan pertandingan ulangnya dengan Swiatek.

Meskipun ia telah memenangi tiga dari enam pertemuan dengan Swiatek, ia belum pernah mengalahkannya sejak 2021.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Swiatek kalahkan Sakkari untuk raih gelar Indian Wells kedua