PSI percaya diri raih kursi DPR

id PSI,Pileg 2024,Pilpres 2024,Pemilu 2024

PSI percaya diri raih kursi DPR

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) menggelar konferensi pers di Kantor DPP PSI, Jakarta, Jumat (16/2/2024). ANTARA/Fath Putra Mulya

Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Perhimpunan Rakyat Progresif David Krisna Alka optimistis Partai Solidaritas Indonesia (PSI) berhasil memenuhi ambang batas parlemen sebesar 4 persen dan mendapatkan kursi di DPR RI.

“Saya yakin PSI punya peluang lolos ke DPR. Hanya butuh sekitar 1,5 persen lagi per hari ini kalau melihat hasil real count,” kata David dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (23/2).

Dia mengungkapkan ada sejumlah alasan yang membuat dirinya yakin PSI berpeluang lolos ke DPR.

Pertama soal masih adanya margin of error dalam quick count, lalu adanya revisi perolehan suara karena kesalahan input data.

Ketiga, David menambahkan, KPU sampai saat ini masih melakukan pemungutan suara ulang (PSU) dan pemungutan suara lanjutan (PSL). Dengan demikian masih sangat memungkinkan PSI untuk menambah suara.

Quick count kan ada margin of error 1,5-2 persen ya, ditambah lagi suara besar PSI di DKI. Kalau PSI lolos Senayan, pasti seru, kita bisa melihat ada gerakan politik baru di gedung wakil rakyat,” ujarnya.

Namun, David mengingatkan, PSI harus tetap melakukan pengawalan terhadap suara rakyat yang telah diberikan.

“Teman-teman PSI juga harus sigap kawal dan jaga suara jangan sampai dicederai oleh barangkali ada pihak-pihak yang tak suka PSI lolos. Padahal ada peluang lolos 4 persen,” katanya pula.