Jasa Raharja implementasikan ESG untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas

id jasa raharja,ESG,lalu lintas

Jasa Raharja implementasikan ESG untuk meningkatkan keselamatan lalu lintas

Jasa Raharja implementasikan ESG. (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) - Jasa Raharja berkomitmen untuk berperan aktif menjalankan program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) yang selaras dengan arahan Kementerian BUMN dan tidak hanya memberikan perlindungan dasar kepada korban kecelakaan lalu lintas.

Direktur Utama Jasa Raharja, Rivan A. Purwantono menyampaikan bahwa program TJSL dilaksanakan secara berkelanjutan dengan memperhatikan prinsip-prinsip Lingkungan (Environmental), Sosial (Social) dan Tata Kelola (Governance) atau ESG.

"Oleh karena itu, kami akan terus mengoptimalkan berbagai program tersebut di tahun ini, termasuk kolaborasi dalam inovasi melalui learning lab, pengelolaan sampah melalui program Ulati di wilayah eco tourism, dan program-program lainnya," ujarnya dalam pernyataan di Bandarlampung, Rabu.

Untuk memperkuat implementasi berbagai program tersebut, Jasa Raharja juga telah menggelar Workshop Integrasi ESG dalam Praktik TJSL.

"Sejak awal saya menyampaikan bahwa sesuai dengan arahan Bapak Menteri BUMN, implementasi TJSL harus sesuai dengan core value Perusahaan dan memberikan kebermanfaatan dalam pelaksanaannya bagi masyarakat," ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Rivan menyampaikan apresiasi kepada Divisi KSK yang telah berhasil melaksanakan arahan dengan menyelenggarakan fungsi TJSL fokus pada keselamatan berkendara. Antara lain melalui program unggulan, seperti diseminasi kurikulum pendidikan lalu lintas, kegiatan safety riding, JR- Rovation, dan program lainnya.

"Ini yang harus kita lanjutkan, semoga rekan-rekan yang hadir pada hari ini dapat menularkan semangat dan meneruskan misi ini, serta menjadi agen kreatif yang menciptakan hal-hal baru untuk mendukung keberlangsungan Perusahaan melalui kehadiran TJSL Jasa Raharja,” imbuhnya.

Workshop Integrasi ESG dalam Praktik TJSL, dihadiri oleh Asisten Deputi Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan Kementerian BUMN, Edi Eko Cahyono sebagai pembicara, Direktur Hubungan Kelembagaan Jasa Raharja Munadi Herlambang, serta pembicara lain seperti Head of Trisakti Sustainability Center Prof. Juniati Gunawan, PhD.

Kemudian, Founder and Director Social Impact.ID Rio Zakarias Widyandaru, Kepala Divisi Pengadaan dan Pengelolaan Aset IFG Group Purwo Nugroho, Kepala Divisi Kelembagaan & Strategi Korporasi Jasa Raharja Radito Risangadi, dan Kepala Jasa Raharja Cabang Jawa Barat, Hendriawanto.

Sebelumnya, pada tahun 2023, Jasa Raharja telah berhasil merealisasikan sejumlah kegiatan program TJSL, seperti pelatihan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil (UMK), pelatihan serta dukungan bagi sahabat disabilitas, pemberdayaan ahli waris korban kecelakaan lalu lintas, program keselamatan berkendara, penanaman pohon, pelestarian alam, dan pemberdayaan nelayan.

Selain itu, Jasa Raharja juga telah meluncurkan serangkaian program yang secara langsung mendukung kinerja perusahaan, baik dalam meningkatkan pendapatan maupun mencegah kecelakaan lalu lintas.

Beberapa program tersebut mulai dari Diseminasi Kurikulum Lalu Lintas mulai dari SD sd SMA, JR Traffic Hero, Jasa Raharja Road Safety Innovation (JR-Rovation), Jasa Raharja Road Safety Ranger Z, dan Jasa Raharja Road Safety Ranger Kids.

Berita kerjasama

Baca juga: Angka kecelakaan naik, Jasa Raharja catat fatalitas korban justru turun

Baca juga: Jasa Raharja dorong Samsat Digital Leuwipanjang jadi Samsat percontohan

Baca juga: Jasa Raharja dan Korlantas Polri evaluasi data lakalantas di Sumut