Sirkuit Silverstone tuan rumah GP Inggris hingga 2034

id Silverstone,gp inggris,formula 1,mercedes,ferarri

Sirkuit Silverstone tuan rumah GP Inggris hingga 2034

Uji coba Mercedes di Sirkuit Silverstone Inggris. (ANTARA/HO/Mercedes AMG F1)

Jakarta (ANTARA) - Sirkuit Silverstone tetap menjadi tuan rumah Grand Prix Inggris hingga 2034 setelah British Racing Drivers Club (BRDC) selaku operator dan pemilik grup Formula 1 Liberty Media meneken kontrak 37 juta dolar AS (Rp579 miliar) per tahun.

"Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa Grand Prix Inggris akan tetap ada dalam kalender selama 10 tahun ke depan dengan perjanjian ini,” kata Presiden F1 Stefano Domenicali sebagaimana dikutip dari AFP, Kamis (8/2) waktu setempat.

Sirkuit Silverstone di Northamptonshire telah menggelar balapan kejuaraan dunia sejak 1950 dan Grand Prix Inggris selalu terdaftar dalam kalender F1 sejak lebih dari 70 tahun yang lalu.

Arena lintasan sepanjang 5,9 km dengan 18 tikungan balapan meliputi delapan belokan kiri dan 10 belokan kanan itu mencetak rekor 150.000 penonton saat menyaksikan Max Verstappen memenangkan Grand Prix Inggris pada tahun lalu.

Kepala Eksekutif Silverstone Stuart Pringle menambahkan bahwa Silverstone memiliki keunikan berupa atmosfer yang berbeda bagi setiap tim yang balapan, terutama bagi tim asal Inggris.

"Sorak sorai dukungan untuk tim tuan rumah dan khususnya untuk pembalap Inggris di grid menjadikan atmosfer Silverstone begitu unik," kata dia.

"Komitmen jangka panjang ini mencerminkan pentingnya Grand Prix Inggris bagi Formula 1 dan pengakuan mereka atas kemampuan kami untuk memberikan pengalaman berkelas dunia," kata Stuart Pringle.

Silverstone akan menggelar Grand Prix Inggris pada 7 Juli. Adapun Formula 1 musim 2024 akan dibuka di Bahrain pada 2 Maret.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Silverstone jadi tuan rumah GP Inggris hingga 2034