Muhaimin sebut AMIN siapkan program dana abadi guru

id Muhaimin Iskandar, Dana Abadi Guru, Anies-Muhaimin, AMIN, Pemilu, Pilpres

Muhaimin sebut AMIN siapkan program dana abadi guru

Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar berdiskusi dengan ratusan guru madrasah di Lembaga Pendidikan Ma'arif Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU), Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu (7/2/2024). ANTARA/Fauzi Lamboka

Nanti kita lihat, apakah dana abadi pendidikan yang sangat besar, bisa dialokasikan sebagian untuk dana abadi guru, ujarnya
Banyuwangi (ANTARA) - Calon wakil presiden nomor urut 1 Muhaimin Iskandar menyatakan pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (AMIN), menyiapkan program dana abadi guru untuk kesejahteraan guru di Indonesia.

"Sama seperti dana abadi pendidikan, dana abadi pesantren, dana abadi haji. Dana yang dikelola dan dikembangkan untuk pembiayaan," katanya di Banyuwangi, Jawa Timur, Rabu.

Kata dia, dana itu juga menjadi sistem pembiayaan yang lebih cepat, yang modalnya bisa dari anggaran pendapatan belanja negara (APBN) dan sumber-sumber permodalan lainnya.

"Nanti kita lihat, apakah dana abadi pendidikan yang sangat besar, bisa dialokasikan sebagian untuk dana abadi guru," ujarnya.

Hal itu disampaikan Muhaimin, usai mendengarkan curahan hati (curhat) ratusan guru madrasah di Lembaga Pendidikan Ma'arif Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (NU) Banyuwangi, serta ratusan guru pendidikan anak usia dini (PAUD) di Pondok Pesantren Nurut Taqwa.

Dana abadi guru merupakan satu dari 10 program konkret untuk guru, yang masuk dalam 28 simpul kesejahteraan pada visi, misi dan program kerja AMIN.

Program kongkret lainnya yakni, menaikkan status guru honorer dengan Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPJTM) menjadi PPPK, melalui proses yang adil dan transparan serta program meningkatkan kesejahteraan guru sekolah negeri.

Program lainnya yaitu memberikan tunjangan kesejahteraan bagi  pengajar pendidikan anak usia dini (PAUD), insentif gaji guru swasta melalui dana bantuan operasional sekolah, dan pemerataan rasio guru melalui perbaikan data, sistem rekrutmen dan manajemen talenta.

Pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar juga akan mempertahankan kurikulum yang berlaku dengan penyesuaian terukur dan memberikan beasiswa guru dan anak guru melalui program dana abadi guru.