DLH Bandarlampung: Retribusi sampah 2023 capai target 100 persen

id Lampung,Bandarlaapung,Pemkot Bandarlaapung,DLH Bandarlampung

DLH Bandarlampung: Retribusi sampah 2023 capai target 100 persen

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bandarlampung Ahnad Husna. Bandarlampung, Senin, (22/1/2024). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Sasarannya ini ke pengusaha atau perusahaan seperti kafe, hotel dan lainnya, yang tagihan retribusi sampahnya di atas Rp1 juta, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandarlampung mengatakan target retribusi sampah pada 2023 mencapai target 100 persen atau Rp13,5 miliar.

"Target retribusi yang ditetapkan sebesar Rp13,5 miliar pada 2023, itu tercapai bahkan lebih satu persen dari capaian kami," kata Kepala Dinas DLH Bandarlampung Ahmad Husna, di Bandarlampung, Senin.

Ia mengatakan untuk 2024 target dari retribusi sampah dipatok dengan jumlah yang sama seperti 2023 yakni Rp13,5 miliar dan diharapkan akan kembali tercapai.

"Terlebih saat ini kami telah bekerja sama dengan BRI terkait pembayaran retribusi sampah melalui sistem aplikasi Solusi Transaksi Elektronik BRI (Stoberi)," kata dia.

Husna mengungkapkan saat ini DLH Bandarlampung sedang gencar melakukan sosialisasi ke perusahaan-perusahaan yang retribusinya lumayan tinggi agar dapat melakukan pembayaran secara online.

"Sasarannya ini ke pengusaha atau perusahaan seperti kafe, hotel dan lainnya, yang tagihan retribusi sampahnya di atas Rp1 juta," kata dia.

Dia berharap setelah melakukan sosialisasi dan edukasi kepada pihak perusahaan, aplikasi Stroberi milik BRI dapat digunakan oleh pelanggan pada bulan depan atau Februari.

"Mudah-mudahan Februari sudah bisa digunakan oleh, kafe, toko, hotel dan sejenisnya dulu," kata dia.

Ke depan, lanjut dia, pembayaran retribusi sampah berbasis online ini akan diterapkan ke masyarakat, sehingga mereka tidak perlu lagi membayar tagihan secara langsung tetapi hanya memakai aplikasi saja.

"Tentunya nanti layanan ini juga bisa dirasakan masyarakat, sehingga membayar retribusinya tidak lagi tunai kepada petugas karena semua melalui transfer," kata dia.

Husna berharap dengan adanya kemudahan yang dihadirkan oleh BRI dengan aplikasi Stroberi target retribusi sampah pada 2024 bisa tercapai ataupun lebih baik dari 2023.

"Karena hal ini memang memperkecil adanya kebocoran pada pembayaran retribusi sampah. Kami harap juga perusahaan tidak ada yang menunggak, karena bisa saja nanti akan kami berikan teguran bila ada yang tidak bayar bila tagihan sudah keluar," kata dia.