Rektor UM Lampung hadiri acara upgrading pimpinan wilayah Muhammadiyah

id lampung, muhammadiyah lampung, um lampung, uml

Rektor UM Lampung hadiri acara upgrading pimpinan wilayah Muhammadiyah

Rektor UM Lampung hadir pada acara upgrading pimpinan wilayah Muhammadiyah (ANTARA/HO-Muhammadiyah)

Bandarlampung (ANTARA) - Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung, Dr. Mardiana, menghadiri acara upgrading pimpinan wilayah Muhammadiyah, di Yogyakarta, 20 – 21 Januari 2024.

Tema yang diusung dari kegiatan upgrading kali ini adalah "Peneguhan dan Implementasi Ideologi Muhammadiyah dalam Mengelola Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Pusat Islam Berkemajuan."

Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Provinsi Lampung Prof. Marzuki Noor, menyampaikan salah satu tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mensinergikan gerakan dakwah Muhammadiyah melalui pendidikan tinggi agar menjadi satu wajah dan satu gerakan dalam gerakan dakwah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk mensinergikan gerakan dakwah Muhammadiyah melalui pendidikan tinggi agar menjadi satu wajah dan satu gerakan dalam Gerakan,” kata Marzuki, dalam keterangannya di Bandarlampung, Senin.

Menurutnya, tantangan terkait dengan ideologi kemuhammadiyahan, seperti al-Islam dan kemuhammadiyahan, menjadi fokus utama bagi semua Perguruan Tinggi Muhammadiyah.

Sementara, Prof. Haedar Nasir, dalam paparan materi yang disampaikan yakni tentang penguatan ideologi persyarikatan menekankan implementasi ideologi Muhammadiyah dalam berbagai gerakan.

“Beliau juga membahas peristiwa-peristiwa terkini yang melibatkan Muhammadiyah dan berkaitan dengan isu radikalisasi serta kaitannya dengan pilihan politik,” katanya.

Ia mengatakan, bahwa pentingnya pemahaman dan ideologi Muhammadiyah yang baik untuk menjawab permasalahan ini. 

Haedar mengajak seluruh kader Muhammadiyah khususnya untuk memahami dan menerapkan pemikiran KH. Ahmad Dahlan sebagai landasan gerakan dakwah Muhammadiyah saat ini.

Dalam konteks ideologi, Haedar mengingatkan bahwa jika secara ideologis tidak sesuai dengan Muhammadiyah, lebih baik keluar secara baik-baik dari Muhammadiyah daripada memaksakan diri.

Dalam strategi dakwah Muhammadiyah, salah satu jalur yang diutamakan adalah melalui pendidikan, yang diharapkan dapat melahirkan generasi muslim yang baik dan memahami konsep al-Islam dan kemuhammadiyahan.

Pengelolaan harus dilakukan dengan jujur dan amanah, terutama bagi mereka yang dipercayakan dalam jabatan. Semua peserta dari Universitas Muhammadiyah Metro berkomitmen untuk mengimplementasikan hasil upgrading ini guna menguatkan ideologi Muhammadiyah dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab di bidang pendidikan tinggi.