Pemkab OKU dukung pengoperasian Bandara Gatot Subroto Way Kanan Lampung

id Bandara Gatot Subroto, bandara komersil, Kabupaten Way Kanan, Pemkab OKU

Pemkab OKU dukung pengoperasian Bandara Gatot Subroto Way Kanan Lampung

Penjabat Bupati Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Sealatan, Teddy Meilwansyah menandatangani kesepakatan bersama antardaerah dalam pengoperasian Bandara Gatot Subroto, Kabupaten Way Kanan, Lampung, Sabtu (6/1/2024). ANTARA/Edo Purmana

Dalam kesepakatan bersama ini terdapat beberapa ruang lingkup kerja sama antara lain percepatan pertumbuhan ekonomi, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan konektivitas antar wilayah, ujarnya

Baturaja (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan mendukung pengoperasian Bandara Gatot Subroto di Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung sebagai bandara komersil.

Penjabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah di Baturaja, Sabtu, mengatakan bentuk dukungan tersebut dibuktikan melalui penandatanganan kesepakatan bersama antardaerah dalam rapat koordinasi persiapan percepatan reaktifitasi Bandara Gatot Subroto dan pembangunan "Gerbang Rajawali" (Gerakan membangun Kota Martapura, Baturaja, Way Kanan, Liwa dan Muaradua) di Jakarta pada Jumat (5/1).

“Tentunya kami Pemerintah Kabupaten OKU sangat mendukung dalam program kesepakatan bersama antardaerah ini,” katanya.

Apalagi, kata Teddy, pengoperasian Bandara Gatot Subroto nantinya bisa menjadi konektivitas antarwilayah sehingga perputaran ekonomi bisa semakin cepat dan meningkat pesat.

"Rakor yang digelar di Gedung Kementerian Dalam Negeri ini merupakan tindak lanjut terkait pembahasan pengoperasian Bandara Gatot Subroto Kabupaten Way Kanan," katanya.

Selain lima kepala daerah, lanjut dia, dalam rakor ini juga dihadiri pihak maskapai Lion Air, Dirjen Perhubungan Darat dan Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Dia menjelaskan, kegiatan tersebut digelar sebagai bentuk komitmen Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel dan Pemprov Lampung untuk mengoperasikan Bandara Gatot Subroto sebagai bandara komersil.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama sebagai dasar bagi para pihak penyelenggara pemerintahan untuk melaksanakan kerja sama pembangunan dan pengembangan potensi daerah melalui sinergi program.

"Dalam kesepakatan bersama ini terdapat beberapa ruang lingkup kerja sama antara lain percepatan pertumbuhan ekonomi, pelayanan kesehatan, pendidikan, dan konektivitas antar wilayah," ujarnya.