Muhaimin minta stasiun TV pemegang hak siar debat ketiga harus independen

id Pemilu 2024,Pilpres 2024,Kampanye anies Muhaimin ,Kampanye anies ,Kampanye muhaimin ,Timnas AMIN

Muhaimin minta stasiun TV pemegang hak siar debat ketiga harus independen

Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar berkunjung ke kampung nelayan di Kelurahan Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (2/1/2023). ANTARA/ Donny Aditra

Jakarta (ANTARA) -
Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar meminta kepada stasiun televisi (TV) swasta yang memegang hak siar untuk pelaksanaan debat ketiga calon presiden yang diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) harus tetap menjaga independensinya.
 
"Sebagai salah satu lembaga penyiaran, ya harus terjaga betul independensinya. Kami harap Grup MNC membuktikan diri untuk independen," kata Muhaimin di Jakarta, Selasa.
 
  Ia menjelaskan, bila independensi itu tidak ditegakkan maka sudah seharusnya KPU harus mendengar protes dari sejumlah pihak yang merasa dirugikan, karena berpotensi terjadi konflik kepentingan atau conflict of interest penayangan kegiatan debat oleh stasiun TV yang dimiliki oleh ketua umum partai pengusung salah satu pasangan calon presiden.
 
"Ya tentu kami sama dengan pihak yang keberatan, karena ini menyangkut independensi lembaga penyiaran, maka dari itu penting bagi TV yang bersangkutan membuktikan independensinya," kata dia.
 
Debat ketiga calon presiden yang diselenggarakan oleh KPU bertemakan pertahanan, keamanan, hubungan internasional dan geopolitik.
 
Debat akan diselenggarakan pada 7 Januari 2024, serta ditayangkan di jaringan atau Grup MNC, seperti RCTI, Global TV, dan iNews TV.
 
Sementara, pemilik Grup MNC Hary Tanoesoedibjo merupakan Ketua Umum Partai Perindo selaku pengusung paslon nomor urut tiga, yaitu Ganjar-Mahfud.
 
Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.
 
Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.
 
KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Muhaimin: Stasiun TV pemegang hak siar debat ketiga harus independen