Upaya Pertamina Lubricants harumkan eksistensi RI di kancah global

id ptpl,valnetino rossi,pertamina valentino rossi

Upaya Pertamina Lubricants harumkan eksistensi RI di kancah global

Direktur Utama PTPL Werry Prayogi bersama dengan Valentino Rossi dan tim (ANTARA/PTPL)

Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Lubricants, sebagai produsen pelumas asli Indonesia, tidak pernah berhenti membawa nama harum Indonesia di kancah dunia melalui berbagai ajang motor sport ternama.

 

Saat ini, Pertamina Lubricants menjalin kerja sama dengan divisi balap supercar Lamborghini Squadra Corse, dimana pelumas Pertamina Fastron akan kembali menjadi official technical partner dari Lamborghini Squadra Corse, sampai dengan tahun 2025.

Sebelumnya, kerja sama ini sudah dilakukan oleh keduanya sejak 2015 sampai dengan 2019, lalu kerja sama kembali dilakukan pada 2023 sampai dengan 2025.

“Kita global partnership dengan Lamborghini Squadra Corse sebagai official technical partner untuk seluruh event motorsport mereka sampai dua setengah tahun mendatang,” kata PR Manager PT Pertamina Lubricants Intania Prionggo kepada ANTARA.

Bertepatan dengan kerja sama ini, Pertamina Lubricants seolah ingin membuktikan kualitas dari berbagai produk-produknya tidak kalah dengan produk mancanegara yang dianggap lebih baik dari produk lokal.

Hal itu dibuktikan dengan digunakannya pelumas Pertamina Lubricants dalam ajang balap Lamborghini Super Trofeo, GT3, World Endurance Championship, serta The International Motor Sports Association Championships untuk kategori hypercar Le Mans Daytona Hybrid.

Tidak hanya ingin membuktikan kualitas produknya di kancah global, kerja sama ini juga menjadi ajang riset Pertamina Lubricants untuk lebih menyempurnakan produknya di masa mendatang agar bisa lebih diterima oleh konsumen lokal dan juga mancanegara.

Pertamina jalinkerjasama dengan Lamborghini (ANTARA/PTPL)

Keberanian Pertamina Lubricants dalam menjalin kerja sama di ajang balap internasional merupakan usaha untuk membawa merek lokal di kancah internasional. Upaya itu bukanlah hal yang mudah dilakukan.

Kerja sama dengan Lamborghini adalah salah satu contoh kesuksesan Pertamina Lubricants membawa produk lokal lebih dikenal di mancanegara.

Kerja sama ini juga merupakan tantangan bagi Pertamina Lubricants untuk melakukan pengembangan oli baru Fastron Platinum Racing 10W-60 dengan spesifikasi khusus yang akan digunakan dalam balapan Super Trofeo untuk menaklukkan cuaca panas yang ekstrem di kawasan Asia, seperti keinginan dari tim tersebut.

“Kami telah merasakan teknologi yang berkualitas dari Pertamina Lubricants selama beberapa tahun terakhir dan telah mencapai hasil yang luar biasa di lintasan balap di seluruh dunia,” ucap Head of Motorsport Lamborghini, Giorgio Sanna.

Dengan riset yang komprehensif serta pengujian yang ketat di laboratorium berstandar dunia serta diuji coba dalam berbagai kondisi, Pertamina Lubricants membuktikan bahwa Pertamina Fastron, sebagai oli kelas dunia kebanggaan Indonesia memahami semua mobil, termasuk mobil sport sekaligus, seperti Lamborghini.

Tidak berhenti sampai di situ, Pertamina Lubricants juga akan terus melebarkan sayapnya untuk bisa membawa pelumas Indonesia ke kancah dunia. Karena itu, berbagai produknya mendapat tempat, tidak hanya di pasar lokal, namun juga di pasar internasional.

Untuk semakin membuktikan keseriusannya dalam menghadirkan pelumas terbaik, PTPL pada Mei 2023 resmi mendirikan pusat riset dan inovasi pelumas terbesar di Indonesia, berlokasi di Plumpang, Jakarta Utara.

Pusat riset dengan nama Lubricants Technology Center (LTC) itu berdiri di atas lahan seluas 12.500 M. Fasilitas LTC dilengkapi dengan peralatan modern dan sumber daya manusia profesional untuk memenuhi kebutuhan pelumas di pasar Indonesia dan 14 negara di dunia, termasuk Australia, Thailand, dan Afrika Selatan.

“LTC akan mendorong tercapainya aspirasi kami untuk menjadi perusahaan pelumas terdepan; the Leading Asian Champion dengan produk dan layanan yang lebih adaptif, responsif dan fleksibel untuk berbagai aplikasi otomotif dan industri,” ujar Direktur Utama PTPL Werry Prayogi.

Hadirnya fasilitas ini juga untuk menjawab berbagai tantangan pesatnya pertumbuhan berbagai sektor di Indonesia yang berdampak pada peningkatan kebutuhan pelumas berkualitas.

Menurut Pertamina Lubricants, konsumen pelumas saat ini memiliki pengetahuan yang sudah tidak diragukan lagi, berkat kemajuan teknologi.

Karena itu, Pertamina Lubricants dituntut untuk memberikan manfaat tambahan, seperti fuel economy dan kemampuan melindungi mesin. Dalam penggunaan pelumas untuk operasi bisnis, pelumas Pertamina juga mampu meningkatkan efisiensi dan produktivitas operasi pelanggan.

Fasilitas terbesar di Indonesia ini sudah mengikuti standar internasional American Society for Testing & Materials (ASTM). Selain itu, kedua laboratorium di LTC sudah bersertifikat ISO 17025:2017 dari Komite Akreditasi Nasional (KAN).
 

Kerja sama Rossi

Melanjutkan kesuksesan di ajang balap kelas internasional, Pertamina Lubricants pada musim balap MotoGP tahun depan akan merajut hubungan dengan tim balap besutan Valentino Rossi.

“Pertamina Enduro VR46 Motogp Team” nantinya akan menjadi pembuktian Pertamina Lubricants dalam ajang balap yang mendapat perhatian banyak pasang mata di seluruh dunia.

Direktur Utama PT Pertamina Lubricants Werry Prayogi menyatakan bahwa tim VR46 MotoGP memiliki ketertarikan kepada Pertamina Lubricants untuk bersama-sama mengarungi musim balap tahun depan hingga 2026.

Rossi sendiri, diakui Werry Prayogi, sangat familiar dengan Indonesia.

Ketertarikan tim VR46 ini karena Pertamina Lubricants merupakan market leader di pasar lokal untuk industri pelumas. Sehingga, pembentukan kerja sama keduanya tidak terlalu lama dalam menemui kesepakatan.

Kebetulan, PTPL juga harus bangkit untuk membuktikan produknya di kancah internasional dan  pemegang saham di Pertamina Lubricants  ini merupakan peluang yang sangat berharga dan terjadilah kerja sama ini dengan sangat cepat. Tim Valentino Rossi juga percaya kepada PTPL sebagai market leader di Indonesia.

Direktur Utama PTPL Werry Prayogi bersama dengan Valentino Rossi dan tim (ANTARA/PTPL)

Kesempatan untuk melakoni kerja sama dengan mantan pembalap legendaris di MotoGP ini sayang untuk dilewatkan. Hal itu dikarenakan Valentino Rossi memiliki banyak penggemar di seluruh dunia, dan kesempatan untuk membawa Pertamina Lubricants lebih dikenal di kancah internasional sangat terbuka lebar.

Berperan sebagai sponsor utama dalam ajang balap selama 2024 hingga 2026 tidak hanya diberikan kepada Pertamina Lubricants. Berbagai jenama ternama di berbagai industri, juga ikut serta untuk menjadi yang terbesar di tim besutan Valentino Rossi itu, seperti Petronas dan juga e-Bay.

Meski begitu, pihak VR46 lebih melirik Pertamina Lubricants untuk menjadi sponsor utama dalam ajang balap yang akan dilakoni oleh Fabio Di Giannantonio dan rekan timnya, yakni Marco Bezzecchi di musim MotoGP 2024.

“Kami hanya diberikan waktu satu minggu untuk berjabat tangan dalam kerja sama ini. Mereka sangat percaya dengan kami (PTPL) dan tidak tahu kenapa, mereka sangat respect dengan kami,” ucap dia.

Bahkan, kerja sama ini juga dikatakan bukan yang biasa di antara keduanya. Sehingga, mereka sangat senang bisa bekerja sama dengan Pertamina Lubricants.
 

Pemilihan pembalap

Menjadi sponsor utama dalam ajang balap MotoGP 2024-2026, Pertamina Lubricants memiliki andil untuk menentukan pebalap yang akan bergabung dengan “Pertamina Enduro VR46 Motogp Team”.

Tim juga diajak berdiskusi untuk menentukan pebalap yang akan bergabung dengan tim yang menjalani kerja sama nantinya.

Pertamina Lubricants memiliki pandangan yang berbeda dengan tim yang dibangun atas kegelisahan dari Valentino Rossi ini, karena banyaknya pebalap Spanyol yang mendominasi kejuaraan dari kasta tertinggi ajang balap motor tersebut.

Pelumas asal Indonesia itu meyakini bahwa tim besutan Valentino Rossi ini memiliki masa depan yang cerah berkat didikan sang legenda MotoGP di Tavullia, Italia.

Tim yang merintis dari kelas Moto3 pada 2014 ini membuktikan kehebatannya dengan tim yang dibentuk Valentino Rossi, yakni Sky Racing Team by VR46, dengan pembalapnya yang bernama Romano Fenati berhasil menduduki posisi 5 klasemen kejuaraan tersebut.

Sehingga pada 2017, tim tersebut berhasil mengikuti kelas Moto2 dengan pebalapnya adalah Francesco Bagnaia. Selang satu tahun berlangsung, pebalap muda andalan dari tim tersebut meraih podium tertinggi di kelas itu.

Perjuangan Rossi menempa pembalap mudanya itu terbayar lunas, pada tahun 2022, nama tim Mooney VR46 Racing Team masuk dalam daftar line up untuk kejuaraan MotoGP.

Marco Bezzecchi pada saat mengikuti ajang balap MotoGP (ANTARA/MotoGP)

Sehingga pada Oktober 2023, Pertamina Lubricants secara sah akan menjadi sponsor utama untuk tim yang sudah dibangun oleh “The Doctor” sejak dirinya masih melakoni balapan di MotoGP hingga 2026.

Dengan tim yang akan dipunggawai oleh dua pebalap ternama di MotoGP, seperti Marco Bezzecchi dan Fabio Di Giannantonio akan membawa hasil yang terbaik untuk musim 2024.

“Kami sangat antusias dan melangkah penuh optimisme di MotoGP musim depan bersama Fabio dan Marco,” ujar Werry Prayogi.

Pada tahun ini, Fabio Di Giannantonio memiliki beberapa capaian positif di MotoGP seperti memenangkan Grand Prix Qatar dan meraih podium di Grand Prix Australia.

Dengan bergabungnya Fabio Di Giannantonio ke dalam tim balap motor binaan Valentino Rossi pada musim tahun depan, diyakini akan bisa membawa Pertamina Enduro VR46 MotoGP Team meraih kesuksesan.

“Saya sangat bangga untuk bergabung dengan tim VR46 MotoGP. Ini adalah kesempatan luar biasa bagi saya untuk terus berkembang dan menunjukkan kemampuan saya. Bersama-sama, saya percaya kami dapat mencapai hal-hal besar dan membuat para fans kami bangga,” kata Fabio Di Giannantonio yang masih berusia 25 tahun.

Kerja sama yang dijalani antara keduanya juga dihadirkan untuk menyatukan kekuatan yang dimiliki masing-masing pihak untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan dan juga penggemar dari para pembalap tersebut.

Untuk itu, beberapa produk Pertamina Lubricants akan dites oleh VR46 Riders Academy untuk approval yang nantinya akan ada logo VR46 MotoGP Team di seluruh label produk Pertamina Enduro.

Seluruh varian produk ini juga akan secara resmi diluncurkan pada 2025 dan yang menariknya adalah, produk ini dikembangkan secara bersama antara Pertamina Enduro & VR46 MotoGP Team untuk dipasarkan baik di pasar Indonesia maupun luar negeri.

PT Pertamina Lubricants, sebelumnya disebut Pelumas Pertamina atau Pertamina Pelumas adalah anak perusahaan Pertamina Patra Niaga yang bergerak di bidang produksi dan penjualan pelumas. Perusahaan ini memiliki tiga unit produksi pelumas yang terletak di Jakarta, Cilacap, dan Gresik.

Tidak hanya di dalam negeri, Pertamina Lubricants juga memiliki 1 unit produksi yang berlokasi di Thailand dengan total keseluruhan mencapai 535 juta per liter dalam satu tahun. Selain fokus untuk memasok pelumas domestik, Pertamina Lubricants juga memasok pelumas ke 14 negara di dunia.

Pelumas yang sudah beredar dipasaran diantaranya adalah Enduro 4T Sport 5W-30, Enduro 4T Racing 10W-40, Enduro 4T 20W-50 Enduro Matic V 10W-40. Sedangkan untuk mobil diantaranya adalah Fastron Platinum Racing 10W-60, Fastron Platinum 0W-40, Fastron Gold 5W-30.

 



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Langkah Pertamina Lubricants harumkan eksistensi RI di kancah global