Pabrik AQUA Tanggamus produksi minuman kemasan dari sumber air pegunungan

id aqua, pabrik aqua tanggamuw, danone, air gunung tanggamus

Pabrik AQUA Tanggamus produksi minuman kemasan dari sumber air pegunungan

Pabrik AQUA Tanggamus produksi minuman kemasan dari sumber air pegunungan. ANTARA/HO

Perlindungan sumber daya air yang dijalankan Pabrik AQUA Tanggamus bertujuan untuk menjamin ketersediaan air.
Tanggamus (ANTARA) - Pabrik AQUA Tanggamus, Lampung memproduksi air minum dalam kemasan sehat dan berkualitas yang berasal dari air pegunungan setempat.

"Kami mulai berproduksi di Pekon Teba, Kabupaten Tanggamus sejak 2016 dan selama tujuh tahun terus menghasilkan air minum dalam kemasan berkualitas tinggi guna memenuhi kebutuhan hidrasi sehat konsumen di Lampung dan sekitarnya," kata Kepala Pabrik AQUA Tanggamus Agung Nugroho, di Tanggamus, Senin. 

Ia menyebutkan produk hasil Pabrik AQUA Tanggamus adalah produk air minum dalam kemasan yang sehat dan berkualitas tinggi, dengan memproduksi kemasan galon, botol 600 ml, botol 1500 ml, dan gelas 220 ml. 

Menurutnya, untuk menghasilkan air minum dalam kemasan berkualitas tinggi Pabrik AQUA Tanggamus menerapkan konsep ramah lingkungan di semua aspek operasional pabrik, baik di dalam maupun di sekitar pabrik, yang menitikberatkan pada efektivitas dan efisiensi produksi dengan fokus pada upaya penghematan air dan energi, pemanfaatan energi terbarukan, hingga daur ulang limbah. 

"Dari situlah dihasilkan produk air minum dalam kemasan yang selalu terjaga kemurniannya, sehat dan berkualitas yang bermanfaat untuk kesehatan masyarakat luas,” ujar Agung.

Menurutnya, kualitas produk AQUA dimulai dari pemanfaatan air yang berasal dari sumber air terbaik yang terlindungi yang ada di dalam Pabrik AQUA Tanggamus, diproses secara higienis, dan sekaligus tetap melindungi mineral-mineral alami yang terkandung dalam air. 

Di sisi lainnya, kata dia lagi,  Pabrik AQUA Tanggamus tidak hanya  menjalankan kegiatan operasional bisnis semata. Pabrik AQUA Tanggamus gencar menjalankan berbagai program pelestarian lingkungan untuk menjaga kualitas dan keseimbangan kuantitas air, bekerjasama dengan berbagai pihak dan berbasis masyarakat.

“Perlindungan sumber daya air yang dijalankan Pabrik AQUA Tanggamus bertujuan untuk menjamin ketersediaan air, kemurnian dan kualitas sumber air, serta menjaga kelestarian sumber daya air,“ kata Agung.  

“Air yang dimanfaatkan AQUA selalu diuji dan dipantau, baik dari kualitas maupun volumenya, sehingga kualitas air dan keseimbangan alam tetap terjaga. Air adalah sumber daya yang terbarukan. Oleh karena itu kami perlu menjaga keseimbangan di dalam siklus air, yaitu antara proses pengambilan dan pengisian air Kembali,” kata Agung pula.  

Berbagai upaya telah dilakukan Pabrik AQUA Tanggamus untuk menjaga keberlanjutan alam dan lingkungan.

"Sebelum Pabrik AQUA Tanggamus telah membangun fasilitas air bersih dan sanitasi untuk masyarakat sekitar. Fasilitas itu tetap beroperasi hingga saat ini dan dikelola langsung oleh masyarakat," kata Stakeholder Relations Pabrik AQUA Tanggamus Abdul Manaf. 

"Selain itu Pabrik AQUA Tanggamus juga aktif menjalankan kegiatan konservasi di daerah tangkapan air bekerjasama dengan berbagai pihak dan masyarakat serta membangun taman Kehati di dalam pabrik," ujar Abdul Manaf lagi. 

Pabrik AQUA Tanggamus pun mendukung program pemerintah dalam upaya cegah stunting melalui pelaksanaan program gizi terintegrasi. Program lainnya yg kami kembangkan adalah pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui pengembangan kopi Teba dan kopo Tirto, pertanian ramah lingkungan, dan bank sampah," ujar Manaf. 

Keberadaan Pabrik AQUA Tanggamus jelas membawa manfaat  untuk kesehatan, lingkungan, dan masyarakat. 

Pabrik AQUA Tanggamus akan terus  menghadirkan berbagai produk berkualitas, sekaligus bersama berbagai pihak terkait terus menjaga keberlanjutan lingkungan melalui pelaksanaan program-program tanggung jawab sosial lingkungan.  

Tentu saja dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak menjadikan upaya pelestarian sumber daya air akan semakin berkembang dan memberi manfaat untuk masyarakat luas.

"Kami yakin melalui kolaborasi multi pihak, akan mampu melestarikan sumber daya air dan menjalankan berbagai kegiatan sosial lingkungan dengan baik di Kabupaten Tanggamus,” katas Corporate Communications Danone Indonesia Michael Liemena.
Baca juga: Pabrik AQUA Tanggamus fokus pengembangan bakat karyawan
Baca juga: Danone Aqua dukung petani kopi dan konservasi air