Jendi tambah perolehan emas Indonesia di WAG 2023

id Jendi pangabean,world abilitysport games 2023,world abilitysport games,npc indonesia,para renang,paralimpiade 2024,paral

Jendi tambah perolehan emas Indonesia di WAG 2023

Atlet para renang Indonesia Jendi Pangabean bersiap melakukan start dalam pertandingan nomor 100m gaya punggung S9 putra World Abilitysport Games 2023. di 80th Birthday Sports Complex, Nakhon Ratchasima, Thailand, Senin (4/12/2023). Jendi berhasil finis terdepan dengan catatan waktu 1 menit 6,68 detik. (ANTARA/HO/NPC INDONESIA/Agung Wahyudi)

Jakarta (ANTARA) - Atlet Para renang Jendi Pangabean menambah perolehan medali emas untuk Indonesia di World Abilitysport Games (WAG) 2023 yang digelar di Nakhon Ratchasima, Thailand, Senin (4/12).

Dalam keterangan resmi Komite Paralimpiade (NPC) Indonesia, Selasa, Jendi menjadi yang terbaik di nomor 100 meter gaya punggung putra S9-10 dengan catatan waktu 1 menit 06,86 detik.

 

Posisi kedua sekaligus berhak atas medali perak ditempati perenang tuan rumah Sampachan Samathi dengan catatan waktu 1 menit 12,18 detik, sementara tempat ketiga dihuni perenang Thailand lainnya Priwan Hadee dengan waktu 1 menit 21,87 detik sekaligus merebut medali perunggu.

Usai pertandingan, Jendi mengaku bangga dan sangat bersyukur karena bisa melampaui target yang ditetapkan.

“Untuk perlombaan tadi awalnya cuma ditargetkan medali perunggu, tapi Alhamdulillah saya bisa meraih emas,” kata Jendi.

Lebih lanjut, Jendi menilai hasil ini sangat luar biasa karena persiapan yang sangat minim untuk tampil di WAG 2023 Thailand.

“Setelah kembali dari Asian Para Games Hangzhou, saya hanya istirahat satu pekan kemudian kembali latihan untuk persiapan ajang ini. Saya perlu conditioning dan dua pekan kita push untuk persiapan ke sini,” tambah Jendi.


Ia menambahkan, medali emas di WAG 2023 semakin memacu semangatnya untuk latihan menghadapi ajang selanjutnya dan puncaknya tampil di Paralimpiade 2024 Paris.

“Target saya dalam waktu dekat adalah Paralimpiade Paris tahun depan karena mungkin menjadi Paralimpiade terakhir bagi saya. Jadi setelah ajang ini saya akan fokus latihan untuk ke Paralimpiade,” ujar Jendi.

Setelah tampil di gaya punggung pada WAG 2023, perenang berusia 32 tahun itu masih akan berlomba di nomor 100 meter gaya kupu.

Sementara itu, WAG 2023 Thailand masih akan bergulir hingga Sabtu (9/12). Selain Para renang, terdapat beberapa cabang olahraga yang diandalkan Indonesia di ajang ini, termasuk Para atletik, Para panahan, hingga Para balap sepeda.