Haru Prabowo, mantan perwira Paspampres jabat Komandan Denpom II/3 Lampung

id haru prabowo, dadenpom lampung, kodam sriwihaya, pomdam, sertijab pomdam

Haru Prabowo, mantan perwira Paspampres jabat Komandan Denpom II/3 Lampung

Haru Prabowo, mantan perwira Paspampres jabat Komandan Denpom II/3 Lampung (ANTARA/HO)

Bandarlampung (ANTARA) -
Mantan perwira Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) Mayor Cpm Haru Prabowo dipercaya untuk mengemban jabatan sebagai Komandan Detasemen Polisi Militer (Denpom) II/3 Lampung, untuk menggantikan Letkol Cpm Ika Budaya.

Hal itu terungkap ketika Komandan Pomdam II/Sriwijaya Kolonel Cpm Azmil Umur memimpin upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Komandan Denpom II/1 Bengkulu dan Komandan Denpom II/3 Lampung di Markas Pomdam II/Sriwijaya, Palembang, Jumat.

Selain itu, Ketua Persit KCK Anak Ranting 3 Denpom II/3 Lampung juga diganti dari Ny. Hastia Ika kepada Ny. Revina Haru Prabowo.

Komandan Pomdam II/Sriwijaya, Kolonel Cpm Azmil Umur menyampaikan agar Dandenpom baru segera menyesuaikan diri untuk melaksanakan tugas di wilayah Denpom II/3 Lampung, menjalin hubungan baik dengan lingkungan internal satuan maupun eksternal satuan serta menjaga Netralitas TNI.

Sementara itu, Mayor Cpm Haru Prabowo selaku Dandenpom II/3 Lampung yang baru menyatakan bahwa dirinya akan melanjutkan dan melaksanakan amanah institusi dan Pimpinan Pomad dalam upaya membentuk generasi Polisi Militer TNI Angkatan Darat yang profesional, modern, adaptif dan tangguh di wilayah Provinsi Lampung.

"Hal itu dalam rangka turut serta mendukung tugas pokok TNI AD dan menjaga tegaknya netralitas TNI pada Pemilu 2024," kata Haru.

Mayor Haru yang lahir di Sleman, Yogyakarta dan dibesarkan di Cilacap, Jawa Tengah merupakan putra dari Sertu Suprapto (alm.) dan Ny. Suprapti.

Lulusan Akmil 2007 itu pernah cukup lama menjadi perwira Paspampres sejak 2008-2022.

Riwayat pendidikan yang pernah diikutinya, yakni Diklapa II Pom (Military Police Captain Career Course/MPCCC) pada tahun 2017 di US Army Military Police School, Fort Leonard Wood, Amerika Serikat, serta alumnus dari Universitas Bung Karno, Sekolah Tinggi Hukum Militer dan Development Academy of the Philippines.

Seusai menjalani pendidikan Sekolah Staf dan Komando Luar Negeri (Command and General Staff Course/CGSC) tahun 2022 di AFPETDC, CGEA, Metromanila, Filipina, Haru menjabat Kabagops Subditpamopster Sdirum Puspomad, Jakarta Pusat pada Januari 2023 hingga November 2023 kemudian akhirnya kini memulai tugasnya menjadi Dandenpom Lampung.