Damkar Lampung Selatan selamatkan tangan siswa TK terjepit meja putar

id Lampung Selatan ,Damkarmat ,Penyelamatan

Damkar Lampung Selatan selamatkan tangan siswa TK terjepit meja putar

Suasana saat petugas Damkarmat Lampung Selatan mengevakuasi tanggan siswa TK tersebut saat terjepit. (ANTARA/HO/Damkarmat Lamsel)

Lampung Selatan (ANTARA) - Petugas Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung, berhasil menyelamatkan tangan seorang siswa taman kanak-kanak (TK) yang terjepit saat bermain meja berputar di Desa Merak Belantung, Kecamatan kalianda.

Kepala Bidang Damkar pada Dinas Damkarmat Lampung Selatan, Rully Fikriansyah, di Kalianda, Senin, mengatakan pihaknya telah berhasil mengeluarkan tangan seorang siswa didik TK Bina Karya yang bernama M. Rafi yang tangannya terjepit.

"Tim kami telah berhasil mengevakuasi tangan terjepit di mainan anak-anak pada hari Senin tanggal 27 November 2023," kata dia.

Ia mengatakan, petugas mendapatkan informasi terkait kejadian tersebut pukul 07.30 WIB.

"Tim mendapatkan laporan sekitar pukul 07.30 WIB, dan berangkat menuju lokasi pukul 07.32 WIB, kemudian sampai ke lokasi pukul 07.42 WIB," katanya.

Ia menjelaskan petugas berhasil mengevakuasi korban dengan selamat sekitar pukul 08.00 WIB.

Kronologi kejadian bermula saat Rully datang ke mako kalianda untuk melaporkan bahwa ada anak TK Bina Karya yang kejepit di dalam besi saat ngambil mainannya di putaran mainan anak-anak.

Oleh karena itu, pelapor meminta pertolongan kepada anggota dinas pemadam kebakaran dan penyelamatan setempat.

Petugas menggunakan mesin pemotong untuk memotong besi hingga bisa mengeluarkan tangan siswa TK tersebut.

Petugas Damkarmat tidak hanya membantu upaya penanggulangan kebakaran, tetapi juga penyelamatan seperti evakuasi satwa liar, korban tenggelam, bencana banjir, hingga jari tangan terjepit dan cincin.