Itera jadi tuan rumah rapat tahunan BKS PTN Wilayah Barat

id lampung, itera, institut, sumatera

Itera jadi tuan rumah rapat tahunan BKS PTN Wilayah Barat

Itera jadi tuan rumah rapat tahunan XLIV rektor bks ptn wilayah barat (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Institut Teknologi Sumatera (Itera) menjadi tuan rumah penyelenggaraan Rapat Tahunan (Rata) XLIV Badan Kerja Sama (BKS) Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Wilayah Barat, 16 – 18 November 2023. Rapat tahunan yang mengusung tema BKS-PTN Barat Kokohkan Kebersamaan dalam Mewujudkan Indonesia Emas tersebut menjadi ajang evaluasi program kerja, termasuk Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat.

Kegiatan yang dipusatkan di Aula Gedung Kuliah Umum 2 Itera, tersebut dihadiri 36 peserta yang terdiri dari para Rektor PTN di Wilayah Barat, personalia pengurus BKS PTN Barat, para ketua bidang ilmu dan forum, dan panitia SMMPTN Barat.

Rektor Itera, Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih, atas dipilihnya Itera sebagai tuan rumah penyelenggaraan Rapat Tahunan BKS PTN Wilayah Barat. Prof. Nyoman berharap, melalui forum tersebut akan menguatkan semangat bersama seluruh PTN untuk mewujudkan sumber daya manusia unggul menuju Indonesia Emas 2045.

“Melalui kegiatan ini, mari bersama kita memantapkan masa depan Indonesia Emas, dengan menghasilkan sumber daya unggul, yang akan membangun negeri. Semoga evaluasi program yang hari ini dilakukan membawa perubahan positif dalam kemajuan Indonesia,” ujar Rektor.

Sementara Ketua BKS PTN Wilayah Barat, yang juga Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. Muryanto Amin, menyampaikan apresiasi kepada Itera yang telah menjadi tuan rumah Rata BKS PTN-Barat tahun ini. Kegiatan tersebut diharapkan menjadi media memperkuat kampus-kampus di wilayah Barat Indonesia untuk terus meningkatkan kualitas akademik, hingga mengikis kesenjangan kualitas pendidikan di Indonesia.

Tema yang diangkat dalam Rata tersebut, menurut Prof. Muryanto Amin, sebagai wujud menyatukan komitmen bersama mengurangi kesenjangan, dan terus meningkatkan kolaborasi dalam mengantisipasi perubahan yang saat ini terjadi, untuk menuju Indonesia Emas.

“Mengatasi kesenjangan dengan kolaborasi menjadi poin penting untuk mengantisipasi perubahan yang terjadi. Semoga para pimpinan PTN di Wilayah Barat, memiliki inovasi yang cepat, dan dapat menjadi inspirasi bagi kampus lain,” ujar Prof. Muryanto.

Dalam Rata tersebut, Ketua Ketua BKS PTN Wilayah Barat, Prof. Muryanto Amin, juga memimpin jalannya evaluasi penyelenggaraan SMMPTN Barat tahun 2023. Dalam kesempatan tersebut Rektor Itera Prof. I Nyoman Pugeg Aryantha, secara resmi diberi amanah sebagai Ketua SMMPTN Barat tahun 2024. Selain evaluasi dan pembahasan program SMMPTN Barat tahun 2024, dalam agenda Rata tersebut juga dibahas terkait evaluasi dan rancangan program masing-masing bidang ilmu dan forum yang ada di BKS PTN – Wilayah Barat.

Ketua Pelaksana Penyelenggaraan Rata XLIV BKS – PTN Wilayah Barat, Andre Febrianto S.Kom., M.Eng., dalam laporan kegiatan menyampaikan, Rata XLIV diikuti 36 peserta yang terdiri dari 6 personalia pengurus dan staf BKS PTN-Barat, 18 Rektor PTN, 9 orang Ketua Bidang Ilmu dan Forum di BKS PTN Barat,  dan 4 orang panitia program SMMPTN-Barat tahun 2023.

Andre menyebutkan, Rata yang diselenggarakan 16 – 18 November 2023, diisi dengan agenda inti Rapat Tahunan dan evaluasi SMMPTN dan Pembentukan Tim Ad Hoc, Ladies Program yang merupakan kegiatan darma wanita persatuan anggota BKS-PTN Barat, tur kampus Itera dengan mengunjungi Kebun Raya Itera, dan Integrated Waste And Agro Center (IWACI) Itera, serta gala dinner sekaligus malam keakraban yang diadakan di area Amphitheater Embung C Itera dihadiri Gubernur Provinsi Lampung, dan ditutup dengan kunjungan destinasi wisata di Provinsi Lampung pada hari terakhir.

Berita kerja sama