Hujan disertai petir berpotensi landa sejumlah kota besar Indonesia

id prakiraan cuaca,bmkg

Hujan disertai petir berpotensi landa sejumlah kota besar Indonesia

Ilustrasi hujan lebat (ANTARA/HO)

Jakarta (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi hujan petir mengguyur sejumlah kota besar Indonesia di antaranya Bandung, Pontianak, Samarinda dan Banjarmasin pada Minggu.

Berdasar data dari situs resmi BMKG di Jakarta pada Minggu, Kota Bandung Jawa Barat cerah berawan sepanjang pagi sampai siang hari dengan kisaran suhu 21 hingga 28 derajat Celcius.

Kondisi hujan sedang hingga hujan ringan diprediksi mengguyur pada siang hingga pukul 19.00 WIB, sedangkan hujan petir diprakirakan terjadi pada malam hari dengan suhu 20 derajat Celcius dan tingkat kelembaban udara 90 persen.

Hujan petir juga diprediksi terjadi di tiga wilayah yaitu Kota Pontianak Kalimantan Barat, Banjarmasin Kalimantan Selatan, dan Mataram Nusa Tenggara Barat pada siang hingga sore hari.

Sedangkan di Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur, BMKG memprakirakan terjadi hujan petir pada dini hari dengan kisaran suhu mencapai 24 derajat Celcius.

Sementara itu BMKG mencatat sejumlah kota besar berpotensi cerah berawan sepanjang hari di antaranya Ambon, Banda Aceh, Bandar Lampung, DKI Jakarta, Surabaya, Denpasar, Bengkulu, Yogyakarta, Padang, Kendari, Jayapura dan Makassar.

Sedangkan untuk wilayah Ternate Maluku Utara, Kabupaten Mamuju Sulawesi Barat, dan Pekanbaru Riau, berpotensi hujan ringan sepanjang hari.



Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Minggu, hujan petir berpotensi landa sejumlah kota besar Indonesia