Dosen dan mahasiswa Itera terapkan inovasi teknologi pengkabutan otomatis kumbung jamur tiram

id lampung, itera, kampus

Dosen dan mahasiswa Itera terapkan inovasi teknologi pengkabutan otomatis kumbung jamur tiram

Dosen dan Mahasiswa Itera Terapkan Inovasi Teknologi Pengkabutan Otomatis Kumbung Jamur Tiram (ANTARA/HO-Itera)

Bandarlampung (ANTARA) - Tim dosen bersama mahasiswa Institut Teknologi Sumatera (Itera), melakukan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan sistem pengkabutan otomatis untuk meningkatkan produktivitas kumbung jamur tiram. Teknologi ini diimplementasikan  pada kumbung jamur milik Ketua Kelompok Pemuda Mandiri Kepung Seto, Karang Anyar, Lampung Selatan, Tugi.

Sistem pengkabutan otomatis ini menggunakan digital timer untuk mengatur on/off pompa air yang mendorong air pada selang ber-nozzle dengan tekanan tinggi, sehingga air bisa mengkabut sesuai waktu-waktu yang telah ditetapkan. Selang ber-nozzle tersebut digelar mengelilingi atau meng-cover rak baglog jamur dalam ruangan kumbung. Penggunaan komponen seperti nozzle stainless (anti karat) dan selang tekanan tinggi yang anti lumut dapat menjadikan sistem lebih awet atau tahan lama.

Tim pengabdian terdiri dari dosen Teknik Elektro Itera, Purwono Prasetyawan, sebagai ketua serta dua dosen yaitu Raizummi Fil’aini,. (Teknik Biosistem) dan Ilham Firman Ashari, (Teknik Informatika). Kegiatan tersebut juga melibatkan mahasiswa anggota Himpunan Mahasiswa Teknik Elektro yaiyu Muhammad Rizqi Rahmatullah, Japar Sodik, Ayu sholeha, Miftah Faridh Andrew, Priseputra Djayanasastra dan Denia Aldi Saputra.

Ketua Tim, Purwono Prasetyawan, menyampaikan, selain menerapkan alat atau sistem, tim juga melakukan pendampingan dalam penggunaannya, memberikan pengetahuan bagaimana cara mengatur digital timer.

“Sistem pengkabutan otomatis ini merupakan salah satu hasil dari pengabdian masyarakat yang didanai oleh Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbud-Ristek) Tahun Anggaran 2023 pada skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat,”katanya

Tugi, sebagai Ketua Kelompok Pemuda Mandiri Kepung Seto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada tim Itera dan Himpunan Teknik Elektro atas sistem yang diberikan. Ia berharap semoga inovasi tersebut bisa dimanfaatkan dengan baik, dan berbagai inovasi dapat kembali diterapkan kepada kelompok Kelompok Pemuda Mandiri Kepung Seto. 

(kerja sama)