Unila terima kunjungan tim akreditasi ASIIN

id lampung, unila, UM Metro, universitas lampung

Unila terima kunjungan tim akreditasi ASIIN

Visitasi Internasional ASIIN pada Prodi Ilmu Komputer (ANTARA/HO-Unila)

Bandarlampung (ANTARA) - Universitas Lampung (Unila) menerima kunjungan dari tim akreditasi internasional ASIIN pada  Selasa 10 Oktober 2023.

Kunjungan bertujuan untuk melakukan akreditasi atas Program Studi S-1 Ilmu Komputer di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Unila.

Tim ASIIN terdiri dari Prof. Rainer Müller dari Konstanz University of Applied Sciences, Prof. Markus Esch dari University of Applied Sciences Saar, Leon Giorgadze, Senior Software Developer di tado GmbH Munich, Luft Kettenbeil, mahasiswa Universitas Göttingen, dan Daniel Seegers, Project Manager dari Kantor ASIIN.

Kedatangan tim ASIIN disambut hangat Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof. Rudy, didampingi Dekan FMIPA Dr. Heri Satria, para wakil dekan FMIPA, ketua LP3M, ketua LPPM, kepala UPT, serta kajur Ilmu Komputer, di ruang sidang utama rektorat.

Prof. Rudy dalam sambutannya mengungkapkan, Unila yang telah beroperasional sejak tahun 1965, merupakan salah satu universitas tertua di Provinsi Lampung. Sejak tahun 2016, Unila meraih akreditasi A nasional dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT), dan memiliki misi menjadi universitas unggul bertaraf internasional.

FMIPA Unila juga aktif berpartisipasi dalam upaya peningkatan taraf internasional dengan mengikuti prosedur akreditasi internasional.

Prodi S-1 Kimia sebelumnya sudah berhasil meraih akreditasi Royal Society of Chemistry sejak tahun 2022. Sementara Prodi Biologi memperoleh akreditasi dari ASIIN pada awal tahun 2023. Prodi S-1 Matematika dan Fisika juga mengantongi akreditasi dari ASIIN pada pertengahan tahun 2023.

Beberapa program studi lain juga telah terakreditasi internasional oleh ASIIN dan lembaga lain seperti RSC, FIBAA dan ABEST21.

Di fakultas pertanian, terdapat tiga prodi yang terakreditasi penuh dari ASIIN. Selain itu, FIBAA memberikan akreditasi penuh kepada tiga prodi di FISIP dan lima prodi di fakultas ekonomi dan bisnis.

Keberhasilan ini mencerminkan komitmen Unila dalam meningkatkan pengakuan internasional terhadap program studi yang ada. Sebagai salah satu universitas terkemuka di Indonesia, Unila telah mengukir prestasi di berbagai bidang, termasuk akademik, penelitian, dan publikasi, berhasil menempatkan diri pada posisi terdepan di berbagai lembaga pemeringkatan dunia.

Kunjungan ASIIN ini diharapkan membantu Unila untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian, serta memperkuat posisinya sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia yang memiliki dampak global signifikan.

(Berita kerja sama)