KPU Lampung nyatakan siap distribusikan logistik Pemilu 2024 tahap I

id Lampunh,KPU Lampung,Logistik,Pemilu.,Logistik pemilu,Bandarlampung

KPU Lampung nyatakan siap distribusikan logistik Pemilu 2024 tahap I

Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Lampung, Titik Sutriningsih, saat dimintai keterangan. di Bandarlampung, Selasa, (3/10/2023). (ANTARA/Dian Hadiyatna)

Kami juga sudah menyampaikan dalam rapat koordinasi agar layout gudang nantinya disesuaikan dengan jenis-jenis logistik pemilu, kata dia
Bandarlampung (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Lampung siap mendistribusikan logistik Pemilu 2024 yang terdiri dari kotak suara, bilik suara, segel, dan tinta ke kabupaten dan kota di provinsi ini.

"Tidak lama lagi kami akan didistribusikan ke KPU kabupaten/kota, saat ini kotak suara sudah hampir selesai dari beberapa item tadi," kata Ketua Divisi Perencanaan dan Logistik KPU Lampung, Titik Sutriningsih, di Bandarlampung Selasa.

Ia menuturkan pengadaan logistik Pemilu 2024 tahap I oleh KPU Provinsi Lampung terdiri dari kotak suara sebanyak 129.583 unit, bilik suara 103.000 unit segel 2.536.095 buah dan tinta 51.650 buah.

"Pengadaan logistik pemilu ini sesuai kebutuhan jumlah tTPS, baik TPS reguler maupun TPS lokasi khusus," kata dia.

Titik mengungkapkan anggaran pengadaan logistik Pemilu 2024 tahap I untuk 15 kabupaten dan kota se-Provinsi Lampung berkisar Rp18 miliar yang bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

"Kurang lebih sudah terserap 50 persen, anggarannya dari APBN itu," kata dia.

Ia meminta agar KPU kabupaten dan kota menyiapkan gudang penyimpanan logistik pemilu yang aman dari gangguan hewan ataupun serangga, bebas banjir, serta aman dari korsleting listrik dan pencurian.

"Kami juga sudah menyampaikan dalam rapat koordinasi agar layout gudang nantinya disesuaikan dengan jenis-jenis logistik pemilu," kata dia.

Kemudian, pengaturan logistik pemilu di gudang penyimpanan juga harus efektif dan efisien agar sirkulasi logistik berjalan lancar tanpa hambatan, sehingga tidak mengganggu logistik masuk dan keluar.

"Hingga saat ini rata-rata gudang logistik KPU di 15 kabupaten dan kota sudah siap untuk menerima logistik pemilu," kata dia.

Diketahui, jumlah tTPS Pemilu 2024 se-Lampung mencapai 25.825 TPS yang terdiri dari 25.787 unit TPS reguler dan 38 unit TPS lokasi khusus.