Metro tambah 300 titik PJU di tahun 2023

id PJU

Metro tambah 300 titik PJU di tahun 2023

Kadishub Metro, Helmy Zain. (ANTARA/Hendra Kurniawan)

Metro (ANTARA) - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Metro menyebut pada tahun 2023 ini akan memasang 300 lampu penerangan jalan umum (PJU). Penambahan PJU ini merupakan upaya untuk mewujudkan program kelurahan terang. 

"Pada tahun 2023 ini memang ada pemasangan 300 titik PJU. Itu barangnya sudah ada di kita, sebagian sudah kita pasang PJU itu," kata Kadishub Metro, Helmy Zain saat dikonfirmasi, Jumat.

Kadishub menjelaskan, penambahan 300 PJU tersebut sekaligus pemasangannya menelan anggaran dari APBD Kota Metro sebesar Rp.1,5 miliar.

"Iya penganggarannya dibagi dua, pertama pengadaan PJU, kemudian juga pemasangannya. Jadi total pengadaan sekaligus pemasangan PJU itu sekitar Rp.1,5 miliar," jelasnya. 

Dikatakannya, PJU tersebut nantinya akan dipasang di semua kelurahan yang ada di Kota Metro. Dimana, untuk pemasangannya sesuai dengan hasil usulan masyarakat pada saat Musrenbang tahun 2022 lalu.

"Masing-masing kelurahan itu berbeda jumlahnya nanti. Ada yang dapat banyak, ada yang sedikit. Karena itu tadi inikan sesuai dari usulan masyarakat saat Musrenbang," katanya lagi.

"Kemudian adil itukan tidak harus sama. Misal Kecamatan Metro Pusat dapat lebih banyak PJU, ya itu karena disana penduduknya lebih padat dan membutuhkan lebih banyak PJU," imbuhnya.

Helmy menambahkan, saat ini di Kota Metro sudah terpasang 4.234 PJU. Dimana, berdasarkan hasil survei Metro masih membutuhkan sekitar 1.700 PJU lagi.

"Nah 1.700 ini yang sekarang kita penuhi secara bertahap. Makanya setiap tahun ada penambahan PJU," tambahnya.