Dinkes Lampung Selatan imbau warga waspadai ISPA saat kemarau

id Lampung Selatan,ISPA ,Dinkes imbau warga

Dinkes Lampung Selatan imbau warga waspadai ISPA saat kemarau

Ilustrasi- penyakit ISPA (ANTARA/HO)

Lampung Selatan (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Lampung, mengimbau masyarakat di daerah itu untuk meningkatkan kewaspadaan penyakit infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) pada musim kemarau sekarang ini sebagai dampak dari El Nino.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular, pada Dinas Kesehatan Kabupaten Lampung Selatan, Jamaluddin, saat dihubungi dari Pesisir Barat, Rabu, menjelaskan kasus ISPA pada musim kemarau terjadi peningkatan sehingga masyarakat harus waspada terhadap penyakit tersebut.

"Iya melihat kasus ISPA cukup tinggi oleh karena itu kami mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk lembih waspada terhadap penyakit tersebut," kata dia.

Dinkes Kabupaten Lampung Selatan, mencatat sebanyak 4.593 kasus infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) terjadi pada bulan Agustus 2023.

"Untuk bulan Agustus 2023 ISPA pneomoni 33 kasus di bawah usia satu tahun, 1 sampai 5 tahun 82 kasus," kata dia.

Kemudian kata dia, untuk non pneomoni, pihaknya mencatat ribuan anak terpapar penyakit ISPA.

"Non pneomoni umur kurang dari 1 tahun 2.144 kasus, usia 1 sampai 5 tahun 2.334 kasus," katanya.

Menurut dia, imunitas para anak masih dalam perkembangan sehingga di saat daya tahan tubuhnya menurun maka dengan mudah anak terserang virus maupun bakteri penyebab ISPA.

Jamaluddin menjelaskan, pencegahan yang paling efektif adalah menjaga imunitas tubuh dengan mengkonsumsi makanan bergizi dan vitamin, rajin berolahraga, menggunakan masker serta sebisa mungkin menjauhi kerumunan dan menghindari asap rokok.

"Menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat, dengan cara cuci tangan secara teratur setelah melakukan aktifitas di tempat umum, menghindari kebiasaan merokok, meminimalisir sentuhan tangan pada wajah, terutama bagian hidung, banyak mengkonsumsi buah dan sayur," ujarnya.